Rabu, 20 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
163

Setelah Magang Satu Tahun & Dikontrak Dua Kali, Buruh Paragon Ajukan Gugatan

Pemagangan dapat dilakukan oleh Perusahaan, dengan syarat tidak lebih dari setahun pada tempat kerja yang sama.

Dianggap telah melanggar ketentuan perundang-undangan ketenagakerjaan, PT. Paragon Technology and Innovation digugat oleh Niva Rohani ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Serang. Melalui surat gugatan yang diregister dengan Perkara Nomor 43/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Srg pada 25 Maret 2019 lalu itu, Niva meminta penetapan dirinya sebagai pekerja tetap.

Pasalnya menurut kuasa hukum Pekerja, Ardi Kurniawan, Niva selama satu tahun pertama bekerja diikat dengan perjanjian kerja magang sebagai operator. Kemudian setelah perjanjian magang berakhir, dirinya dipekerjakan dengan sistem hubungan kerja waktu tertentu, dan diperpanjang satu kali, setelah itu baru diputuskan hubungan kerjanya.

“Pekerja ini berawal dari magang satu tahun, kontrak satu-satu tahun, kontrak dua-satu tahun. Jadi kami beranggapan kontrak yang disana adalah batal,” ujar Ardi, Rabu (22/05/2019) kemarin. Dalam persidangan yang dipimpin oleh Hakim Emanuel Ari, sidang yang beragendakan mendengar keterangan saksi tersebut, menghadirkan HRD Perusahaan yang menganggap Niva tidak memenuhi kualifikasi yang telah ditetapkan oleh Perusahaan walau telah bekerja selama empat tahun.

Niva dalam gugatannya, meminta Majelis Hakim untuk memerintahkan Perusahaan mempekerjakan kembali dengan perjanjian kerja waktu tidak tertentu. Dan menghukum Perusahaan untuk membayar upah selama tidak dipekerjakan sejak Nopember 2018 hingga Maret 2019, yang seluruhnya berjumlah sebesar Rp21,4 juta.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of