Senin, 26 Agustus 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
45

Tuntut Kekurangan Uang Masa Bakti Pensiun Hingga Akhirnya Tutup Usia

Ketentuan besaran uang pesangon karena putus hubungan kerja pensiun, diperbolehkan untuk diatur lain selain oleh ketentuan perundang-undangan ketenagakerjaan.

Sidang lanjutan antara Mimbar Tjahyono dan kawan-kawan (125 orang) melawan PT. Pelabuhan Indonesia II Persero, Kamis (23/05/2019) kemarin, di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tengah memasuki tahap pembacaan duplik dari Perusahaan selaku Tergugat. Pelindo dituding masih memiliki kewajiban hukum kepada mantan Pekerjanya tersebut, berupa kekurangan penghargaan masa bakti pensiun di tahun 2012.

Rinto E Paulus Sitorus selaku kuasa hukum Tjahyono dan kawan-kawan menyebut, kekurangan penghargaan masa bakti itu, timbul akibat adanya addendum Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Periode 2011-2013. Dan pemberlakuan terhadap klausul masa bakti, disebutkan menunggu persetujuan Dewan Komisaris yang akan diserahkan pada tahun 2013.

Dalam Pasal 167 ayat (4) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, dinyatakan, ketentuan perhitungan besaran uang pesangon dan jaminan pensiun dapat diatur lain dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama.

Akan tetapi, Tjahyono dan kawan-kawan yang mengalami pensiun pada tahun 2012 diperlakukan secara diskriminatif. Sebab, Pelindo membayarkan penghargaan masa bakti hanya bagi pekerja yang pensiun di tahun 2013. Padahal, PKB diberlakukan untuk masa tahun 2011-2013. Sehingga menurut Rinto, Pelindo telah tidak menjalankan PKB secara keseluruhan.

Pada kesempatan tersebut, Rinto juga menyampaikan bukti adanya surat pernyataan waris dari beberapa keluarga para Penggugat. Hal tersebut merupakan upaya pemenuhan atas permintaan Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hakim Yuzaidah, mengingat 8 (delapan) orang Penggugat telah meninggal dunia. “Agenda hari ini adalah duplik dan melengkapi administrasi surat pernyataan waris delapan orang Penggugat yang meninggal dunia,” ujar Rinto.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of