Selasa, 19 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
126

Upah Tak Pernah Lagi Dibayar, Pekerja Gugat PHK ke Pengadilan

Tidak diberikannya upah meski Pekerja telah memenuhi kewajibannya, selain dapat dikualifikasi sebagai tindak pidana, namun Pekerja juga dapat mengajukan permohonan pemutusan hubungan kerja.

Melalui Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Ahmad Afdhal mengajukan gugatan pemutusan hubungan kerja dirinya terhadap PT. Agung Cahya Purwantaka sejak 2 April 2019 lalu. Dalam gugatannya yang diregister dengan Perkara Nomor 135/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst, Afdhal menuntut pembayaran upah sejak Januari 2018 beserta bunga dan denda keterlambatannya, yang seluruhnya berjumlah Rp1,8 miliar.

Selain upah, ia juga menuntut pembayaran uang kompensasi pesangon sebesar Rp149,4 juta. Hal tersebut, dapat dikabulkan oleh Majelis Hakim, apabila Afdhal dapat membuktikan adanya tindakan Perusahaan Batu Bara tersebut, yang tidak membayar upahnya walau ia telah memenuhi kewajibannya sebagai Pekerja.

“Saya nuntut hak saya, gaji saya yang sudah tidak dibayarkan sejak Januari 2018,” ujar Afdhal, Senin (20/05/2019) kemarin sesaat setelah persidangan yang dipimpin oleh Hakim Taryan. Ia menjelaskan, dengan tidak diberikannya upah yang besarannya Rp27,5 juta perbulan itu, maka dirinya tidak mampu menghidupi nafkah anak dan istrinya.

Sebelumnya, meski panggilan mediasi dari Dinas Tenaga Kerja tidak pernah diindahkan oleh Perusahaan, akhirnya Pegawai Mediator menganjurkan agar PT. Agung Cahya Purwakarta membayar upah Afdhal. “Dipanggil tripartit tidak datang-datang, keluar anjuran. Karena saya tidak puas (upah tidak dibayar), maka saya majukan ke Pengadilan saja, biar Pengadilan yang memutuskan,” tutur Afdhal.

Perusahaan telah dipanggil sebanyak tiga kali pada tanggal 22 dan 29 April 2019, bahkan panggilan disampaikan oleh juru sita melalui mass media untuk persidangan tanggal 13 Mei 2019. Akan tetapi PT. Agung Cahya tidak memenuhi panggilan tersebut, sehingga Majelis Hakim PHI Jakarta Pusat melanjutkan persidangan dengan agenda bukti pada pekan depan dari Afdhal sebagai Penggugat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of