Selasa, 15 Oktober 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
119

Baru Bekerja Sebulan Diberhentikan, Manager HRD Gugat Upah Sisa Kontrak

Jakarta, Buruh-Online.com – Perusahaan tambang asal Rusia, PT. Solway Management Indonesia digugat Azio Yudhario, Pekerjanya yang menjabat sebagai Manager Human Resource Depeloment (HRD) sejak Nopember 2018. Namun sebulan kemudian, dengan dalih kurang berkinerja, Azio yang diperjanjikan dengan hubungan kerja waktu tertentu (kontrak) selama setahun itu, diberhentikan secara sepihak.

Atas tindakan tersebut, Azio yang diwakili oleh kuasa hukumnya, Saepul Tavip mengajukan gugatan perselisihan pemutusan hubungan kerja ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sejak 29 April 2019 lalu. Dalam sidang lanjutan yang dipimpin oleh Hakim M. Djunanidie, Rabu (19/06/2019), PT. Solway diberi kesempatan untuk menyampaikan jawaban atas gugatan Azio, yang menuntut pembayaran ganti rugi sebesar Rp220 juta.

Besaran gugatan ganti rugi tersebut, didasarkan pada perhitungan upah sisa kontrak selama 11 bulan. Sebab, Azio diperjanjikan kontrak selama 12 bulan dan baru sebulan bekerja telah diputuskan hubungan kerjanya secara sepihak. “Dia dikontrak satu tahun tetapi baru sebulan sudah di-PHK dengan alasan kurang perform,” terang Tavip.

Namun, lanjutnya, alasan tersebut dianggap tidak wajar karena tidak ada bukti-bukti yang menyatakan Azio memiliki kinerja yang kurang baik. Menurut Tavip, pihaknya sudah berusaha menyelesaikan perkara perselisihan pemutusan hubungan kerja tersebut, secara musyawarah dan melalui mediasi di Suku Dinas Tenaga Kerja Jakarta Selatan.

“Disnaker telah mengeluarkan anjuran, agar Pihak Perusahaan membayar sisa masa kontrak,” jelas Tavip. Atas anjuran tersebut, lanjutnya, PT. Solway tidak bersedia melaksanakannya. “Tapi setelah anjuran keluar, Perusahaan tidak mau membayar, ya akhirnya kita gugat ke Pengadilan Hubungan Industrial Jakarta Pusat,” tandasnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of