Senin, 18 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
102

Belum Diberhentikan Tapi Sudah Dipekerjakan Pada Perusahaan Lain

Jakarta, Buruh-Online.com – Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (19/06/2019) kembali menggelar sidang lanjutan dalam perkara perselisihan pemutusan hubungan kerja antara Widiartini Sambasari melawan tiga perusahaan sekaligus, yakni PT. Gas Euronet Indonesia, PT. Argenta Adhiloka Pratama dan PT. Gas Cash Services.

Melalui kuasa hukumnya, Rolas Tampubolon, Widiartini dalam surat gugatannya yang diregister dengan Perkara Nomor 92/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst, meminta agar Majelis Hakim PHI Jakarta Pusat, menghukum PT. Gas Euronet Indonesia selaku Tergugat I, dan PT. Argenta Adhiloka Pratama selaku Tergugat II, membayar uang kompensasi pesangon.

“Jadi perkara ini bermula ketika Pekerja ditempatkan di dua Perusahaan yang lain diluar dari kesepakatan,” ujar Rolas usai persidangan ketujuh tesebut yang beragendakan Replik dari Pihak Widiartini. Lebih lanjut Rolas mengatakan, kedua Perusahaan (PT. Gas Euronet Indonesia dan PT. Argenta Adhiloka Pratama) itu belum membayarkan hak-hak Widiartini.

Ia mengaku, pada awalnya Widiartini tidak mengetahui bahwa apabila ia hendak dipekerjakan lagi di Perusahaan lain, maka terlebih dahulu diberhentikan dari Perusahaan sebelumnya. “Awalnya Pekerja tidak tahu, bahwa dipekerjakan di dua Perusahaan yang lain, yang beda itu-kan tidak boleh. Ia harusnya diberhentikan dahulu,” terang Rolas.

Berdasarkan penelusuran Buruh-Online.com, setidaknya pernah ada perkara pemutusan hubungan kerja yang diajukan oleh PT. Java Prima Industri melawan Ignatius Margono. Dalam perkara yang diregister oleh Kepaniteraan PHI Surabaya dengan Nomor 4/G/2015/PHI.Sby, Ignatius digugat karena diduga tidak hanya bekerja di PT. Java tetapi juga di badan usaha lain.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of