Selasa, 19 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
98

Diberhentikan Karena Kontrak Berakhir, Pekerja Tuntut Dipekerjakan Kembali

Jakarta, Buruh-Online.com – Perkara gugatan pemutusan hubungan kerja antara Achmad Gunawan melawan PT. Securindo Packatama Indonesia, mulai disidangkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (17/06/2019). Bertempat di ruang sidang Kusuma Admadja, Agus Rimawan selaku kuasa hukum kedua pekerja, mengatakan pihak Perusahaan tidak menghadiri persidangan, yang seharusnya beragendakan pemeriksaan kedudukan hukum (legal standing) para pihak.

Menurut Agus, Achmad Gunawan diberhentikan secara sepihak sejak Februari 2018 lalu. Alasannya, perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) Achmad Gunawan telah berakhir, sehingga PT. Securindo tidak lagi mempekerjakannya. Padahal, lanjut Agus, Achmad Gunawan telah bekerja sejak tahun 2010.

“Sifat dan jenis pekerjaan di Perusahaan, sebenarnya tidak layak kontrak. Jadi dianggap selesai PKWT, diperpanjang lagi,” ujar Agus usai persidangan. Dalam gugatannya yang diregister dengan Perkara Nomor 174/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst, Achmad Gunawan menuntut agar PHI Jakarta Pusat membatalkan pemutusan hubungan kerja sepihak yang dilakukan oleh PT. Securindo.

“Menyatakan pemutusan hubungan kerja oleh Tergugat, batal demi hukum,” tutur Agus membacakan bunyi tuntutannya dalam surat gugatan. Ia juga meminta Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Taryan Setiawan, untuk menyatakan hubungan kerja tidak terputus dan memerintahkan Perusahaan untuk mempekerjakan kembali Gunawan.

Sebelum menutup sidang, Hakim Taryan memerintahkan Panitera memanggil kembali PT. Securindo untuk menghadiri persidangan yang akan digelar pada Senin, 24 Juni yang akan datang.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of