Jumat, 20 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
63

Diberhentikan Sepihak, Hakim Jatuhkan Putusan Sela Pembayaran Upah

Bandung, Buruh-Online.com – Tuntutan putusan sela yang diajukan oleh Suryani dan Deddy Suharto terhadap PT. Nassau Sport Indonesia, dikabulkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, Senin (24/06/2019). “Alhamdulillah, Hakim mengabulkan putusan sela yang kami ajukan, dan mewajibkan Perusahaan untuk membayar sejumlah uang selama mereka (Pekerja) di-PHK,” ujar Bambang Pradityo.

Selaku kuasa hukum, Bambang mengapresiasi putusan Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Wasdi Permana tersebut. “Tadi Majelis Hakim menegaskan kepada Tergugat (PT. Nassau), apabila tidak melaksanakan putusan sela tersebut, maka Penggugat boleh mengajukan permintaan sita jaminan,” tegas Bambang usai persidangan.

Menurut Bambang, Perusahaan tidak lagi memiliki upaya hukum lain selain melaksanakan putusan sela itu. Sebab, putusan tersebut bersifat final dan mengikat. “Jadi tidak ada upaya hukum lain, selain melaksanakan putusan yang mengikat ini,” jelasnya. Ia juga menjelaskan, besaran upah yang diperintahkan oleh Majelis Hakim untuk dibayarkan kepada kedua Pekerja, terhitung sejak tidak lagi dipekerjakan pada bulan Agustus 2018.

“Putusan hanya berupa nilai yang harus dibayarkan oleh Perusahaan selama di-PHK dari bulan Agustus 2018 sampai April ini (2019) harus dibayar upahnya, sekitar Rp30 jutaan per orang,” tutur Bambang. Dikatakannya, meskipun besaran upah yang diterima kedua Pekerja adalah besaran upah minimum yang berlaku di tahun 2018, tetapi Majelis Hakim mewajibkan Perusahaan untuk menyesuaikan besaran upah yang dibayarkan sejak bulan Januari hingga April 2019, sesuai dengan penetapan Keputusan Gubernur untuk tahun 2019.

Sebelum menutup persidangan yang digelar di ruang sidang Kusumah Atmadja, Gedung PHI Bandung itu, Hakim Wasdi menyampaikan agenda sidang pada pekan depan adalah penyampaian bukti surat dari kedua Pekerja.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of