Rabu, 20 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
296

Dipekerjakan Harian Lepas, PT. Elang Perdana Divonis Bayar 132 Juta

Bandung, Buruh-Online.com – PT. Elang Perdana Tyre Industri dihukum untuk membayar secara tunai dan sekaligus, kepada Abdul Gopar berupa uang kompensasi pemutusan hubungan kerja berupa pesangon, uang penghargaan masa kerja dan penggantian hak yang seluruhnya sebesar Rp106,9 juta. Selain itu, dalam amar Putusan Nomor 82/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Bdg yang dibacakan Senin (10/06/2019), Perusahaan juga diwajibkan untuk membayar kekurangan upah tahun 2016 dan tahun 2017, sebesar Rp25,3 juta.

Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, yang diketuai oleh Hakim Wasdi Permana itu, terlebih dahulu menyatakan hubungan kerja antara Gopar dengan PT. Elang Perdana, adalah sebagai perjanjian kerja waktu tidak tertentu terhitung sejak adanya hubungan kerja tanggal 19 Nopember 2008.

Demikian dikatakan oleh Jhon Kenedi, selaku kuasa hukum Abdul Gopar, Senin (28/06/2019) di Gedung PHI Bandung. Dalam kesempatan itu, lanjut Jhon, Perusahaan mengajukan keberatan dengan melakukan upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung (MA) atas putusan tersebut. “Saya dapat informasi dari bagian Panitera, ternyata Perusahaan mengajukan kasasi,” ujar Jhon.

Seperti telah pernah diberitakan sebelumnya, Abdul Gopar keberatan dengan anggapan Perusahaan terkait status hubungan kerjanya yang masih dianggap sebagai Pekerja harian lepas. Padahal, Gopar yang ditempatkan pada bagian Gudang dan telah bekerja selama 10 tahun itu, dikatakan Jhon sedang menderita sakit, tuturnya.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of