Jumat, 20 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
175

Empat Tahun Bekerja Masih Dianggap Kontrak, PT. Indofood Digugat Pekerjanya

Jakarta, Buruh-Online.com – Akhmad Baihaqi dan Firmansyah yang masih dianggap sebagai pekerja waktu tertentu (kontrak) setelah bekerja selama empat tahun, serta Agus Hartanto yang telah sembilan tahun bekerja, akhirnya menggugat PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Ketiganya meminta Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Yuzaida, untuk menyatakan hubungan kerjanya dengan PT. Indofood sebagai pekerja tetap. Diwakili kuasa hukumnya, Sri Suyati mengatakan, pihaknya telah berusaha untuk menyelesaikan permasalahan tersebut melalui musyawarah hingga mediasi, namun tidak tercapai perdamaian.

Sri keberatan dengan anjuran dari Suku Dinas Tenaga Kerja Kota Jakarta Utara, yang menyatakan sah perjanjian kontrak yang dibuat PT. Indofood. “Anjurannya sih menurut Dinas Tenaga Kerja, PKWT (perjanjian kerja waktu tertentu) yang berlaku sudah benar,” ujarnya. Menurut Sri, perjanjian kontrak yang dibuat telah bertentangan dengan undang-undang, karena masa kerja ketiga Pekerja telah lebih dari tiga tahun.

Selain itu, dikatakannya, jenis pekerjaan yang berlangsung di PT. Indofood termasuk kegiatan utama (core business). “Jenis pekerjaannya juga selama empat tahun mengerjakan kegiatan yang sama dan masuk dalam core business,” terang Sri usai menghadiri persidangan dalam perkara yang diregister dengan Nomor 141/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst tersebut.

Sri berharap permasalahan tersebut dapat mencapai perdamaian diluar persidangan. Namun jika tidak tercapai, pihaknya meminta Majelis Hakim menghukum PT. Indofood untuk membayar uang kompensasi pemutusan hubungan kerja, dan upah selama proses di pengadilan sebesar Rp340 juta lebih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of