Selasa, 19 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
78

Tak Jalankan Anjuran Disnaker, Distributor Perlengkapan Salon Itacos Digugat

Jakarta, Buruh-Online.com – Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, kembali menggelar sidang lanjutan dalam perkara perselisihan pemutusan hubungan kerja antara Abdul Azis melawan CV. Itacos Ompots, Rabu (26/06/2019). Azis mendalilkan dirinya sebagai pekerja tetap, yang apabila hendak diakhiri hubungan kerjanya, haruslah disertai dengan pembayaran uang pesangon.

Ia mengaku, diberhentikan secara sepihak oleh perusahaan perlengkapan salon tersebut, sejak 11 Mei 2018. Atas tindakan tersebut, Azis telah berupaya menyelesaikan permasalahannya dengan CV. Itacos melalui musyawarah, hingga akhirnya diperantarai oleh Pegawai Mediator Hubungan Industrial pada Suku Dinas Tenaga Kerja.

Namun, menurut Azis, dirinya tidak mengetahui alasan pemberhentian dirinya, dan telah berupaya menyelesaikan namun tidak pernah tercapai kata mufakat, hingga kemudian dirinya menempuh upaya hukum di PHI Jakarta Pusat. Meskipun permintaannya dikabulkan oleh Disnaker sebagaimana dikuatkan dalam anjuran. Akan tetapi, lanjut Azis, Pihak CV. Itacos tidak kunjung menjalankan anjuran tersebut.

“Karena tidak ada titik temui di mediasi Depnaker dan anjurannya juga belum dijalankan oleh Perusahaan, sehingga saya mengajukan gugatan ke pengadilan,” ujar Azis yang tanpa didampingi oleh kuasa hukum. Dalam surat gugatannya yang didaftarkan pada 9 April 2019 lalu itu, Azis menuntut uang pesangon sebesar dua kali ketentuan undang-undang, uang penghargaan masa kerja dan penggantian hak.

Ia juga meminta kepada Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim M. Djoenanidie, untuk menghukum CV. Itacos membayar upah selama tidak mempekerjakan dirinya sejak Juni sampai dengan Desember 2018, yang jumlah keseluruhannya sebesar Rp42,3 juta.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of