Jumat, 15 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
336

Alasan Keuangan, Jadi Penyebab Pemberhentian Pekerja RS Aria Sentra Medika

Serang, Buruh-Online.com – Sejak bulan Mei 2018, Rumah Sakit (RS) Aria Sentra Medika setidaknya telah melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap beberapa orang Pekerjanya. Langkah pengurangan tenaga kerja diduga akibat adanya permasalahan keuangan RS yang berada di Ciputat, Kota Tangerang Selatan itu.

Tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik melalui jalan perundingan musyawarah hingga mediasi di Dinas Tenaga Kerja, akhirnya Endah Kurniawati dan kawan-kawan (12 orang) mengajukan gugatan perselisihan pemutusan hubungan kerja ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Serang sejak 24 April 2019 lalu.

Endah menuntut pembayaran uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan penggantian hak sebagai kompensasi pengakhiran hubungan kerja dengan kualifikasi efisiensi. Selain itu, mereka juga meminta Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Santoso menghukum RS Aria Sentra Medika, membayar kekurangan upah sejak bulan Januari sampai dengan Juli 2018.

Menurut kuasa hukum Endah dan kawan-kawan, Dahrul Lubis selaku pengurus serikat pekerja mengatakan, persidangan Senin (15/7/2019) telah memasuki tahap penyerahan kesimpulan. Dikatakan Lubis, pihaknya telah menyampaikan beberapa bukti surat untuk menguatkan tuntutannya. “Bukti-bukti yang kami sampaikan diantaranya KTP, kartu BPJS, dan surat keterangan PHK dari rumah sakit,” ujarnya.

Lubis berharap, Majelis Hakim dapat mengabulkan seluruh gugatannya yang rencananya akan dibacakan pada 29 Juli yang akan datang.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of