Rabu, 11 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
398

Arisan Berujung Pemberhentian, Seorang Pekerja Digugat ke Pengadilan

Jakarta, Buruh-Online.com – Diki Priyana tak pernah menyangka akan digugat oleh Perusahaan, atas upaya dirinya bersama teman-temannya yang mengumpulkan uang secara teratur pada waktu tertentu atau umum dikenal sebagai arisan, berujung pada akan diberhentikannya sebagai Pekerja di PT. Nadi Solusi Bisnis. Meski sudah diberikan anjuran oleh Dinas Tenaga Kerja, akan tetapi Perusahaan tetap keukeuh ingin hubungan kerjanya dengan Diki, berakhir.

“Adalah hak Pekerja untuk mengumpulkan dana arisan yang sifatnya pribadi. Nah itu yang dianggap Perusahaan melanggar Peraturan,” ujar kuasa hukum Diki, Ramayani Darwis, S.H.., usai menghadiri persidangan perdana yang digelar Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2019).

Ramayani mengatakan, Perusahaan tidak memiliki hak untuk mencampuri ranah pribadi hubungan karyawannya dengan karyawan yang lain. Dikatakannya, ketentuan perundang-undangan ketenagakerjaan tidak memuat larangan atau ketidakbolehan bagi pekerja untuk berkumpul dan mengadakan arisan atau semacamnya.

Ia juga menegaskan, telah ada upaya penyelesaian melalui Disnaker. Dalam anjurannya, lanjut Ramayani, PT. Nadi diminta untuk memanggil Diki yang baru bekerja sejak 12 Nopember 2018 itu, dan memberikannya pekerjaan seperti semula. “Disnaker menganjurkan kepada Perusahaan untuk mempekerjakan kembali Saudara Diki,” tegasnya.

Terhadap perkara perselisihan pemutusan hubungan kerja tersebut, Hakim Taryan Setiawan menyarankan agar Diki Priyana dan PT. Nadi Solusi Bisnis kembali menempuh upaya-upaya perdamaian. “Jadi disarankan untuk musyawarah bagi kedua belah pihak sebelum putus perkara, masih dimungkinkan untuk berdamai,” terang Ramayani.

Dalam surat gugatannya dalam Perkara Nomor 190/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst itu, PT. Nadi meminta Pengadilan untuk menyatakan hubungan kerjanya dengan Diki Priyana putus terhitung sejak tanggal 21 Juni 2019.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of