Senin, 26 Agustus 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
146

Dianggap Mangkir, Ini Bantahan Pekerja BeritaSatuTV di Pengadilan

Jakarta, Buruh-Online.com – Jekson Simanjuntak menolak jika dikatakan mangkir, sehingga akhirnya dikualifikasi mengundurkan diri. Menurutnya, ia telah mengajukan formulir cuti sebelum berangkat ke Palu untuk tugas kemanusiaan. Namun permohonan Jekson tidak disetujui PT. First Media News, dan ketidakhadirannya tanpa ijin dikategorikan sebagai perbuatan yang melanggar tata tertib Peraturan Perusahaan.

Akan tetapi, lanjut Jekson, anggapan First Media News atas ketidakhadiran dirinya tidaklah dapat dikatakan sebagai pemberian ijin pemutusan hubungan kerjanya. Dikatakan Jekson, Rabu (17/7/2019) usai menghadiri persidangan, selain dirinya telah menyampaikan salinan formulir pengajuan cuti sebagai bukti, ia juga menegaskan bahwa panggilan bekerja yang disampaikan Perusahaan tidak sah.

“Mereka (Perusahaan) itu mengirimkan dua surat (panggilan bekerja) hanya dalam tempo dua hari. Jadi tanggal 8 mereka kirim surat yang pertama, untuk ketemu tanggal 9. Kemudian mereka kirim surat yang kedua, pada tanggal 9 itu untuk ketemu tanggal 12,” ujar Jekson. Pada panggilan yang kedua tersebut, ia hadir menemui HRD First Media News. “Bagaimana mungkin saya bisa dianggap mangkir, ketika saya datang di pemanggilan surat kedua itu,” tegasnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Jekson menempuh upaya hukum penyelesaian kasus pemutusan hubungan kerja dirinya dengan PT. First Media News sebagai badan hukum dari BeritaSatuTV, ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sejak 24 April 2019 lalu. Ia dalam tuntutannya, meminta agar Majelis Hakim menyatakan hubungan kerjanya tidak terputus, dan memerintahkan Perusahaan mempekerjakannya kembali.

Dalam persidangan yang dipimpin oleh Hakim M. Djoenanidie, Jekson menyampaikan bukti surat diantaranya kartu pengenal, surat keterangan sebagai karyawan, surat keputusan pengangkatan, kontrak kerja, dan formulir permohonan cuti, tambahnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of