Rabu, 18 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
384

Diberhentikan, Head HRD Oasis Tuntut BPJS Hingga Pesangon

Bandung, Buruh-Online.com – Meski Negara melalui undang-undang telah mewajibkan bagi Pemberi Kerja untuk mendaftarkan Pekerjanya menjadi Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), namun tak selalu berbanding lurus dengan pelaksanaannya. Dalam perkara perselisihan pemutusan hubungan kerja antara Nur Hasanah Muryani yang menggugat PT. Oasis Waters International, diantaranya menuntut kepesertaan BPJS.

Nur yang baru bekerja sejak Maret 2018, telah beberapa kali mengingatkan Perusahaan atas kewajiban hukumnya untuk mendaftarkan seluruh Pekerja menjadi BPJS, termasuk dirinya. “Mungkin karena saya melaporkan ke Disnaker terkait BPJS,” ujar Nur seusai menghadiri persidangan yang digelar Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, Senin (8/7/2019).

Selama bekerja, Nur yang bekerja sebagai Head HRD, berupaya untuk menginventarisir potensi permasalahan yang dapat terjadi di produsen air mineral tersebut. “Saya menyelami dulu, disini (Oasis) masalahnya apa, saya tampung dahulu keluhan-keluhan masalah mereka (Pekerja),” tuturnya yang mengaku telah pernah dipindahtugaskan sebanyak tiga kali.

Dikatakannya, Pengusaha pernah juga mempersoalkan ban mobil yang kempes. Hal tersebut dibenarkan Nur, tetapi mobil yang bannya kempes tersebut, sudah tidak bisa lagi dikendarai, karena mesinnya mati. “Mobil yang keadaannya mesinnya mati, itu dipermasalahkan oleh Direktur,” terangnya. Kejadian itu, kemudian disusul dengan perintah mutasi dari pabrik Cibinong ke Jembatan Lima, Jakarta.

Tak hanya dimutasikan ke Jakarta, Nur juga akhirnya dipindahtugaskan ke Palembang dengan alasan adanya kebutuhan HRD. Terhadap mutasi tersebut, ia mempertanyakan penyesuaian upahnya. Namun lanjutnya, Perusahaan hanya akan menyesuaikan upahnya, jika penilaian kinerjanya bagus selama tiga bulan. Terhadap kebijakan tersebut, Nur menolaknya.

Dalam surat gugatan bertanggal 20 Mei 2019, Nur setidaknya menuntut delapan hal yang terkait dengan hubungan kerjanya, diantaranya yakni bekerja kembali, kompensasi mutasi, didaftarkan sebagai peserta BPJS, upah selama tidak dipekerjakan sejak Maret 2019, selisih kekurangan gaji, tunjangan hari raya tahun 2019, diangkat sebagai pekerja tetap, dan dibatalkannya surat pindah tugas ke Palembang.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of