Selasa, 19 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
90

Diberhentikan Sejak 2017, Pramugari Tuntut Ijazah & Akte Kelahirannya Dikembalikan

Serang, Buruh-Online.com – Salah satu tuntutannya, Ingge Prameswari meminta agar Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Serang, memerintahkan PT. Wings Abadi Airlines mengembalikan ijazah dan akte kelahiran aslinya, yang kini masih dalam penguasaan perusahaan penerbangan tersebut.

Menurut kuasa hukum Ingge, Tomi menceritakan kondisi kesehatan Ingge saat pertama kali hendak menjalankan kewajiban bekerjanya sebagai pramugari. Karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk bekerja, Ingge akhirnya diberhentikan secara sepihak melalui pemberitahuan secara lisan, yang disampaikan Perusahaan saat dirinya hendak masuk bekerja.

“Begitu dia (Ingge) sembuh, setelah dua bulan dia datang ke Perusahaan untuk kembali bekerja. Akan tetapi Perusahaan menyatakan, Ingge sudah diputuskan hubungan kerjanya sejak bulan Desember 2017,” ujar Tomi, usai menghadiri persidangan yang beragendakan penyerahan bukti permulaan kewenangan mengadili PHI Serang, Senin (1/7/2019).

Dalam surat gugatannya bertanggal 12 April 2019, Ingge meminta pemutusan hubungan kerja secara sepihak yang dilakukan PT. Wings, dinyatakan tidak sah dan batal demi hukum oleh Pengadilan. Serta menuntut agar dirinya dipekerjakan kembali, dengan disertai pembayaran upah selama tidak dipekerjakan sejak Desember 2017 hingga perkara tersebut berkekuatan hukum tetap.

Sebelumnya, lanjut Tomi, pihaknya telah berupaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut ke Dinas Tenaga Kerja, namun tidak tercapai kesepakatan. Dan akhirnya, Disnaker menyatakan hubungan kerja antara Ingge yang diikat dengan Perjanjian Ikatan Dinas tanggal 12 Mei 2017, dengan PT. Wings tetap berlanjut.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of