Rabu, 20 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
126

Digugat Lima Orang, Tiga Perusahaan Ajukan Saksi

Bandung, Buruh-Online.com – Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (3/7/2019) menggelar sidang lanjutan dalam perkara antara PT. Megasari Makmur, PT. Sejati Karya Mandiri dan PT. Triguna Bina Sejahtera melawan Nurjanah dan kawan-kawan (5 orang). Hakim Suwanto yang memimpin persidangan mengagendakan untuk mendengarkan keterangan seorang saksi dari PT. Megasari Makmur.

Kuasa hukum Nurjanah, Asep Supriatna usai persidangan mengatakan saksi yang bernama Abdul Fatah menceritakan kegiatan pekerjaan yang dilakukan Nurjanah dan kawan-kawan adalah pekerjaan penunjang. “Pada intinya bahwa Nurjanah bekerja pada bagian non-core, bagian pengemasan saja,” ujarnya.

Asep mengaku, pihaknya pada persidangan yang lalu tidak menghadirkan saksi. Pada persidangan pekan depan, PT. Sejati Karya Mandiri dan PT. Triguna Bina Sejahtera akan menghadirkan saksi. Sebelumnya, ketiga Perusahaan yang dijadikan Tergugat oleh Nurjanah, mengajukan keberatan atas gugatan yang diajukan Nurjanah.

Ketiganya meminta Majelis Hakim menyatakan gugatan tidak dapat diterima. Sebab, peristiwa pemutusan hubungan kerja yang dialami Nurjanah dan kawan-kawan dianggap sudah lama, dan pengurus serikat pekerja tidak mempunyai kedudukan hukum (legal standing) untuk mewakili mereka. Selain itu, lanjut Asep, dalil gugatannya juga dianggap kabur (obscuur libel).

“Para Tergugat menyampaikan eksepsi legal standing, jadi karena posisi Penggugat sudah lama keluar dari Perusahaan Tergugat, maka tidak berhak lagi memberi kuasa kepada perangkat serikat,” tutur Asep. Selain Nurjanah dan kawan-kawan, seperti yang telah pernah diberitakan sebelumnya, ketiga Perusahaan tersebut juga sedang digugat oleh Riswan Rahmat.

“Setelah setahun bekerja di PT. Mega, kemudian dialihkan ke perusahaan outsourcing yang setiap tahunnya berulang. Tetapi dia (Riswan) tetap bekerja di PT. Mega Sari Makmur pada posisi dan jabatannya semula,” terang Asep.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of