Rabu, 20 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
379

Habis Masa Kontrak, Multi Makmur Indah Industri Bantah Mem-PHK

Serang, Buruh-Online.com – PT. Multi Makmur Indah Industri menolak jika dikatakan telah memutuskan hubungan kerja Fery Adi Setiawan dan kawan-kawan (40 orang). Sebab menurut Iwan Fernando selaku kuasa hukum Perusahaan, hubungan kerja antara pihaknya dengan para Pekerja berakhir demi hukum sesuai dengan masa perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) yang telah dibuat sejak 27 Juli 2015.

Iwan membantah masa kerja Fery yang dikatakan telah bekerja selama 8-12 tahun. “Berdasarkan fakta dan bukti hukum yang kami miliki, PKWT antara Penggugat dengan Tergugat itu ditandatangani tanggal 27 Juli 2015 sampai dengan 27 Juli 2018,” ujar Iwan usai menghadiri persidangan yang digelar Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Serang, Senin (15/7/2019). Lebih lanjut ia mengatakan, dengan jatuh tempo waktu yang telah disepakati dalam perjanjian kerja, maka hubungan kerjanya berakhir secara hukum.

“Setelah PKWT dengan Tergugat telah habis, kemudian Penggugat menandatangani PKWT yang baru pada tanggal 2 Agustus 2018 sampai dengan 2 Agustus 2019 dengan PT. Penukal Jaya Utama,” tegas Iwan. Ia juga menegaskan, bahwa Perusahaan sedang menempuh upaya hukum pidana, akibat dari adanya pengrusakan gedung yang diduga terjadi pada saat demonstrasi para Pekerja yang berlangsung selama berbulan-bulan.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Raidin Anom selaku kuasa hukum Fery Adi Setiawan dan kawan-kawan menyesalkan tidak adanya pemberian salinan perjanjian kerja yang dibuat oleh Perusahaan produsen kaleng itu. Menurut Anom, Fery dan kawan-kawan tidak pernah mengajukan lamaran ke PT. Penukal Jaya Utama selaku Perusahaan penyedia jasa tenaga kerja. Dan juga masih memakai seragam kerja, kartu pengenal, gaji hingga pendaftaran jaminan sosial dilakukan PT. Multi Makmur Indah Industri.

Dalam surat gugatannya, Fery beserta kawan-kawannya meminta Majelis Hakim PHI Serang, menyatakan pengakhiran hubungan kerja yang dilakukan Perusahan, batal demi hukum. Dan agar memerintahkan PT. Multi Makmur Indah Industri, mempekerjakan kembali Fery pada jabatan serta posisi semula.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of