Rabu, 20 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
414

Hadirkan Saksi, Buruh Kurnia Agung Sejati Terus Melawan PHK Sewenang-Wenang

Bandung, Buruh-Online.com – Babay Suhaemi dan kawan-kawan (65 orang) pada persidangan lanjutan, Rabu (24/7/2019) menghadirkan dua orang saksi, guna menguatkan dalil gugatannya agar hubungan kerja mereka dengan CV. Kurnia Agung Sejati dinyatakan sebagai pekerja tetap oleh Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung.

Diwakili kuasa hukumnya, Usep Permana mengatakan, kedua saksi juga menceritakan awal mula terjadinya pengakhiran hubungan kerja yang dilakukan oleh Perusahaan, usai libur perayaan hari raya idul fitri. “Pasca setelah 31 Mei menjelang lebaran, mereka menyatakan tutup. Tetapi setelah idul fitri ada pemanggilan lagi, tetapi Babay dan kawan-kawan tidak dipanggil lagi,” ujar Usep.

“Pengumuman-pengumuman yang disampaikan Perusahaan, seperti penutupan tanggal 30, kami buktikan juga,” tuturnya merinci beberapa bukti surat yang telah disampaikannya ke hadapan Majelis Hakim yang diketuai Hakim Wasdi Permana tersebut.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, meski tutupnya Perusahaan didalilkan bukan karena adanya Serikat Pekerja, namun Babay Suhaemi sebagai Pengurus Serikat Pekerja menduga ada kaitannya. Sebab kala itu, Serikat Pekerja baru saja dibentuk dan diberitahukan secara tertulis kepada Pengusaha. Alasan lainnya yang didalilkan Perusahaan dalam memutuskan hubungan kerja dengan Babay dan kawan-kawan, yakni karena perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak)-nya telah habis.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of