Jumat, 15 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
238

Kontrak Kerja Pengelola Sunter Mall Tidak Tercatat di Disnaker

Jakarta, Buruh-Online.com – Kuasa hukum Maulana Malik dan kawan-kawan (5 orang), Mahmud Permana yakin gugatannya akan dikabulkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Ia mengatakan, bukti surat yang telah disampaikannya pada persidangan pekan lalu, mampu membantah seluruh dalil-dalil PT. Siola Sandi Mas selaku Pengelola Sunter Mall, Jakarta.

Menurutnya, bukti surat yang telah disampaikan pihaknya kehadapan Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Duta Baskara tersebut, diantaranya perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) yang tidak dicatatkan ke Dinas Tenaga Kerja. “PKWT tidak dicatatkan di Dinas Ketenagakerjaan sebagai syarat formal, bahwa PKWT itu tujuh hari sejak ditanda-tangani harusnya dicatatkan,” ujar Mahmud, Senin (22/7/2019).

Keharusan mencatatkan perjanjian kerja kontrak diatur dalam Pasal 13 Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 100 Tahun 2004. “Apabila PKWT tidak dicatatkan, maka akan bertentangan dengan hukum,” tambahnya. Mahmud mengaku telah menyampaikan 17 bukti surat pada sidang 8 Juli 2019 lalu.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Maulana Malik, Paryono, Gunawan, Isomudin dan Yopi Lawalata tak terima diberhentikan oleh PT. Siola Sandi Mas sejak 31 Maret 2018. Kelima Pekerja yang telah bekerja antara 4-7 tahun itu, menuntut pembayaran uang pesangon. Tak hanya pesangon, kelima Pekerja menuntut pembayaran upah selama proses pemutusan hubungan kerja sepihak sejak Juni 2018 hingga Juni 2019.

Dan juga meminta agar PHI Jakarta Pusat menyatakan tiga mobil yang diduga milik Perusahaan, untuk diletakkan sita jaminan. Tak hanya itu, bangunan mall yang terletak di Jl. Danau Sunter Utara, Jakarta Utara, juga diminta untuk dinyatakan sebagai obyek sita.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of