Selasa, 19 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
356

Masih Dipekerjakan, KMK Minta Pengadilan Vonis PHK Tanpa Pesangon

Serang, Buruh-Online.com – Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Serang, kembali menggelar sidang lanjutan antara PT. KMK Global Sport melawan Musliadi, Senin (1/7/2019). Bertempat diruang sidang Cakra II, Musliadi yang diwakili pengurus serikat pekerjanya menyerahkan jawaban atas gugatan yang diajukan oleh Perusahaan dihadapan Hakim Emanuel Ari yang memimpin persidangan.

Menurut Armiadin selaku pengurus pada perangkat serikat pekerja yang lebih tinggi, mengatakan, PT. KMK bersikeras ingin memutuskan hubungan kerja Musliadi yang telah bekerja selama 26 tahun tanpa pemberian uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan penggantian hak. “Perusahaan itu ngotot, supaya Musliadi tidak kasih pesangon,” ujarnya usai persidangan.

Lebih lanjut dijelaskan Armiadin, pihaknya telah berupaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut melalui mediasi di Dinas Tenaga Kerja. Dalam anjurannya, Disnaker menyarankan agar PT. KMK memberikan uang kompensasi pesangon kepada Musliadi sebesar satu kali ketentuan undang-undang. “Anjuran itu oleh Dinas dikeluarkan satu kali ketentuan akibat pelanggaran ringan (indisipliener),” tegas Armiadin.

Dikatakan Armiadin, hingga saat ini PT. KMK masih mempekerjakan Musliadi dan membayarkan upahnya seperti biasa. Tetapi karena Perusahaan menganggap Musliadi jarang masuk bekerja, sehingga atas tindakan indisipliener tersebut, PT. KMK mengajukan gugatan pemutusan hubungan kerja yang didaftarkan pada 13 Juni 2019 lalu.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of