Rabu, 24 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
14

NPWP Jadi Bukti Warganegara Asing Gugat PT. Kellog di Indonesia

Jakarta, Buruh-Online.com – Diwakili kuasa hukumnya Norlen Pasaribu, Garry Martin Rattray dan Kelvin Paul Robinson yang mengaku telah bermasa kerja 8-9 tahun di PT. Kellog Brown and Root Indonesia, menyampaikan bukti surat yakni diantaranya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan bukti kepersertaan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS). Demikian ditegaskan Norlen, Kamis (4/7/2019) seusai menghadiri persidangan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Norlen dalam keterangannya juga menjelaskan, sebagai pembayar pajak dan pengiur BPJS, kedua warganegara asing tersebut setidaknya telah memberikan kontribusi ke Indonesia, tetapi mereka diberhentikan begitu saja. “Mereka punya NPWP, mereka terdaftar sebagai peserta BPJS yang harus membayar setiap bulan dari gaji mereka dan pajak mereka juga. Tetapi kenapa mereka diperlakukan bukan seperti karyawan di Indonesia,” ujar Norlen.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Garry dan Kelvin tidak terima dengan keputusan Perusahaan yang memberhentikannya secara sepihak sejak awal 2018. Setelah melalui proses mediasi di Dinas Tenaga Kerja, akhirnya pada 24 Oktober tahun lalu, keduanya mendaftarkan gugatan ke PHI Jakarta Pusat yang diberi Nomor Perkara 263/Pdt.Sus-PHI/2018/PN.Jkt.Pst.

Dalam gugatannya, keduanya menuntut pembayaran uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak sebesar US$ 1 juta lebih. Selain itu, keduanya juga meminta pembayaran uang paksa sebesar Rp5 juta, apabila Perusahaan lalai dalam menjalankan putusan yang telah berkekuatan hukum tetap dikemudian hari.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of