Rabu, 24 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
32

Pasca Vonis Hakim, Nasib Pekerja PT. Dada Masuki Babak Baru

Bandung, Buruh-Online.com – “Mengabulkan gugatan para Penggugat untuk sebagian,” ujar Ketua Majelis Hakim, Wasdi Permana, Senin (8/7/2019) dalam gelaran akhir persidangan perkara perselisihan pemutusan hubungan kerja, antara Elni Susanti dan kawan-kawan (140 orang) melawan PT. Dada Indonesia, di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung.

Dalam amar putusannya, Perusahaan yang secara tiba-tiba tutup tersebut, dikatakan Hakim Wasdi terbukti mengalami kerugian keuangan selama dua tahun berturut-turut. “Menyatakan putus hubungan kerja antara para Penggugat dengan Tergugat sejak tanggal 31 Oktober 2018, dengan kualifikasi pemutusan hubungan kerja karena Perusahaan tutup akibat kerugian keuangan selama dua tahun berturut-turut,” tegasnya.

Atas dinyatakannya putus hubungan kerja itu, Pengadilan menghukum PT. Dada Indonesia untuk membayar uang kompensasi pesangon, kekurangan upah tahun 2018, kekurangan tunjangan hari raya tahun 2018, dan uang transport serta uang makan yang seluruhnya sebesar Rp8,2 miliar lebih.

Menanggapi putusan tersebut, kuasa hukum Elni dan kawan-kawan, Ade Supyani mengatakan putusan Hakim sudah benar karena memang kondisi Perusahaan yang sudah tidak lagi beroperasi. Ia berharap, PT. Dada Indonesia bisa menunaikan kewajibannya sesuai dengan putusan pengadilan.

Selain itu, Supyani mengaku ada beberapa tuntutan yang ditolak oleh Majelis Hakim. Diantaranya, kualifikasi pemutusan hubungan kerja karena tutupnya Perusahaan akibat efisiensi. “Kita mengajukannya adalah tutup bukan karena kerugian berturut-turut tetapi karena efisiensi,” ujarnya usai menghadiri persidangan.

Terhadap putusan itu, Elni Susanti dan kawan-kawan harus kembali sabar menunggu sikap dari Perusahaan, apakah akan memilih untuk menunaikan kewajibannya sesuai putusan Pengadilan, atau mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung sebagai upaya selanjutnya atas putusan Pengadilan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of