Senin, 22 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
7

Pekerja Napoleon Gugat Keabsahan Kontrak Kerja ke Pengadilan

Jakarta, Buruh-Online.com – Melalui Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Sri Indriyani menggugat keabsahan perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) yang dibuat oleh PT. Napoleon Light Industries. Sri yang diwakili kuasa hukumnya, Arifin mengatakan, penerapan perjanjian kontrak yang ditandatangani oleh Sri sejak lima tahun yang lalu itu, bertentangan dengan undang-undang ketenagakerjaan.

Arifin menilai, surat pemutusan hubungan kerja yang diterbitkan PT. Napoleon pada 26 Februari 2019, haruslah dinyatakan tidak sah dan batal demi hukum. “Kontraknya dianggap oleh Perusahaan habis, tetapi dalam undang-undang ketenagakerjaan itu mempersyaratkan penerapan perjanjian kerja waktu tertentu,” terangnya, Senin (1/7/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan, perjanjian kontrak memiliki batas waktu dan pembatasan jenis pekerjaan yang boleh diperjanjikan dengan waktu tertentu. “Dalam Pasal 59 (UU Ketenagakerjaan) ada batas waktunya paling lama tiga tahun, kemudian pekerjaan yang bersifat musiman, kemudian produk percobaan,” ujar Arifin usai menghadiri persidangan perdana yang beragendakan pemeriksaan identitas para pihak tersebut.

Karena tidak memenuhi syarat yang diharuskan dalam ketentuan perundang-undangan, maka menurut Arifin, status hubungan kerja Sri Indriyani dengan PT. Napoleon berubah menjadi pekerja tetap. “Tapi kami menganggap hubungan kerjanya berubah statusnya, karena sudah bekerja lebih dari tiga tahun tanpa terputus,” tegas Arifin.

Menurut Arifin, pihaknya dalam surat gugatan yang diregister dengan Perkara Nomor 178/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst itu, mengajukan tuntutan ganti rugi sebesar Rp1,5 miliar lebih, yang terdiri dari uang kompensasi pemutusan hubungan kerja, upah selama tidak dipekerjakan, cuti dan tunjangan hari raya. Persidangan yang dipimpin oleh Hakim Taryan Setiawan itu, akan kembali dilanjutkan pada pekan depan dengan agenda jawaban gugatan dari PT. Napoleon.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of