Senin, 26 Agustus 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.419

Pengurus Serikat Tolak Mutasi, Danamon Hanya Berikan Uang Pisah

Jakarta, Buruh-Online.com – Dalam surat gugatan yang diregister dengan Nomor Perkara 155/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst tanggal 23 April 2019 lalu, PT. Bank Danamon Indonesia Tbk hanya bersedia memberikan Muhammad Afif uang pisah serta cuti tahunan yang belum diambil. Pasalnya menurut Afif usai menghadiri persidangan, karena ia menolak untuk dipindahtugaskan ke bagian kerja yang dapat menimbulkan benturan kepentingan.

“Saya memang tolak. Karena posisi saya sekarang ini sebagai Sekjend SP (Serikat Pekerja) Danamon, tugas saya ditempat yang baru dengan tugas menginvestigasi internal karyawan yang berujung pada tindakan PHK. Sementara kami di Serikat, tugasnya membela yang di-PHK,” ujar Afif, Kamis (11/7/2019).

Terhadap tindakannya yang menolak pemindahan tugas tersebut, lalu dianggap Danamon sebagai perbuatan yang tidak melakukan kewajiban bekerja, dan akhirnya ia dianggap mangkir, jelas Afif. “Saya digugat karena dikualifikasikan mangkir,” tuturnya menanggapi gugatan perselisihan pemutusan hubungan kerja yang diajukan Danamon.

Menurut Afif, upaya Perusahaan untuk mengakhiri hubungan kerjanya sudah dilakukan sejak tahun 2011. Bahkan ia telah dimutasikan dua kali dan diskorsing. “Setelah demo besar-besaran, berbagai upaya terhadap saya, diintimidasi, dikriminalisasi, kemudian skorsing, cabut skorsing, skorsing lagi, hingga gugatan PHK ini,” terang Afif. Atas gugatan Danamon tersebut, ia menyampaikan kesiapan diri untuk memperjuangkan nasib kelanjutan hubungan kerjanya.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Emman DP. Zend Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Emman DP. Zend
Guest
Emman DP. Zend

Tetap semangat Sekjen. Yakinlah keadilan akan berpihak kepada orang orang yg terzolimi. Amim