Senin, 22 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
9

Perjanjian Kontrak Syaratkan Masa Percobaan Selama Enam Bulan

Jakarta, Buruh-Online.com – Sidang gugatan pemutusan hubungan kerja sepihak sebelum masa dalam perjanjian kontrak berakhir yang dilakukan oleh PT. Leap Machinery Indonesia terhadap Hendrik Edi, sudah memasuki tahap pembuktian. Menurut kuasa hukum Hendrik, Abdullah Sani mengatakan, pihaknya pada persidangan kali ini memberikan tambahan bukti surat, yakni perjanjian kerja kontrak yang dibuat oleh Perusahaan dalam bahasa Inggris.

Dikatakan Sani, Kamis (27/06/2019) seusai persidangan, perjanjian kerja antara PT. Leap dengan Hendrik, dibuat untuk jangka waktu selama dua tahun. Tetapi selama masa waktu tersebut, Perusahaan menerapkan masa percobaan. “Perjanjian dibuat dalam bahasa Inggris, dan dibuat masa percobaan itu enam bulan, yang seharusnya menurut undang-undang hanya tiga bulan,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Sani, karena kontraknya dibuat dalam bahasa Inggris, maka harus diterjemahkan dahulu ke bahasa Indonesia. Hal tersebut, diatur dalam Pasal 57 ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, yang menyatakan, Perjanjian kerja untuk waktu tertentu dibuat secara tertulis serta harus menggunakan bahasa Indonesia dan huruf latin.

“Karena dibuat dalam bahasa Inggris, Majelis Hakim meminta agar diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam bahasa Indonesia,” ujar Sani. Persidangan yang dipimpin oleh Hakim Yuzaida tersebut, akan kembali dilanjutkan pada Kamis pekan depan, untuk memberi kesempatan kepada Hendrik selaku Penggugat, menyerahkan bukti terjemahan perjanjian kontrak.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of