Jumat, 20 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
688

Perlihatkan Dokumen Perusahaan di Pengadilan, Pengurus Serikat Diberhentikan

Bandung, Buruh-Online.com – Sugeng tak terima diberhentikan secara sepihak oleh PT. Diamond Cold Storage sejak 27 Januari 2018 lalu. Apalagi jika dikaitkan dengan tindakan Sugeng yang memperlihatkan Surat Peringatan-3 dalam persidangan perkara perselisihan sebelumnya di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung. Demikian dikatakan oleh Agus Haerudin, kuasa hukum Sugeng, Rabu (3/7/2019).

“Prinsipal (Sugeng) diberikan SP-3. Nah SP-3 tersebut dijadikan alat bukti di persidangan sebelumnya, dan itu adalah yang menjadikan dasar Perusahaan untuk mem-PHK,” ujar Haerudin usai menghadiri persidangan yang beragendakan pembacaan gugatan tersebut. “Dianggap sebagai kesalahan berat, karena membawa dokumen Perusahaan keluar untuk dijadikan alat bukti di persidangan,” lanjutnya.

Sebelum mengajukan gugatan, Haerudin mengaku, pihaknya telah berupaya untuk menyelesaikan perselisihan melalui mekanisme mediasi di Dinas Tenaga Kerja. Namun upaya tersebut tidak menghasilkan kesepakatan, sehingga dianjurkan kepada Perusahaan untuk memberikan uang pesangon sebesar satu kali ketentuan undang-undang, ditambah dengan upah proses selama 16 bulan.

Dalam surat gugatan yang teregister dengan Perkara Nomor 143/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Bdg itu, Sugeng meminta dirinya untuk dapat dipekerjakan kembali dan surat pemutusan hubungan kerja yang diterbitkan Perusahaan, haruslah dinyatakan tidak sah. “Dari anjuran tersebut, sebenarnya kami sudah menerima. Namun Perusahaan tetap menolak anjuran, sehingga (tuntutan) di Pengadilan kami ingin dipekerjakan kembali,” tegas Haerudin.

Selain itu, Sugeng juga menuntut Perusahaan dihukum untuk membayar upah selama tidak dipekerjakan yang berjumlah Rp106,2 juta. Serta ia berharap, apabila gugatannya dikabulkan, maka dirinya meminta agar diletakkan sita jaminan tanah dan bangunan Perusahaan yang terletak di Kawasan Industri MM2100, Cibitung, Kabupaten Bekasi.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of