Rabu, 20 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
412

PHK Tanpa Pemberian Surat Peringatan, Pekerja Gunakan Kepmenaker 150/2000

Serang, Buruh-Online.com – Merasa tak pernah diberikan pembinaan melalui pemberian surat peringatan kesatu dan seterusnya, apabila dinilai telah melakukan kesalahan, akhirnya Dinka Maunandez mengajukan gugatan perselisihan pemutusan hubungan kerja dirinya ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Serang.

“Karena dianggap melakukan pelanggaran-pelanggaran dan perjanjian kerja, tapi sebaliknya menurut klien kami (Dinka), tidak melanggar,” ujar Edy Kurniya Djati selaku kuasa hukum Dinka yang disampaikan usai persidangan, Senin (1/7/2019).

Dinka yang telah bekerja selama 6 tahun lebih 7 bulan itu, meminta agar Majelis Hakim menyatakan pemberhentian dirinya yang dilakukan oleh PT. Cowell Depeloment telah melanggar Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. ‘Menyatakan Tergugat terbukti melanggar Pasal 161 ayat (1) UU Ketenagakerjaan dalam melakukan Pemutusan Hubungan Kerja terhadap Penggugat karena tidak memberikan terlebih dahulu Surat Peringatan kepada Penggugat’, sebut Dinka dalam surat gugatannya.

Dalam ketentuan tersebut, pengusaha hanya dapat melakukan pemutusan hubungan kerja karena melakukan pelanggaran perjanjian kerja bersama, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja, apabila telah diberikan surat peringatan pertama, kedua dan ketiga. Dengan tidak adanya kesalahan yang dilakukan, Dinka memohon agar pengakhiran hubungan kerja dirinya, dikualifikasi sebagai efisiensi, dengan pemberian uang kompensasi sebesar dua kali pesangon, penghargaan masa kerja dan penggantian hak sesuai Pasal 27 ayat (1) Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 150 Tahun 2000.

Dihadapan Majelis Hakim PHI Serang yang diketuai oleh Hakim Emanuel Ari, Edy menyerahkan replik sebagai tanggapan pihaknya atas jawaban surat gugatan yang diajukan Dinka pada 15 Mei 2019 lalu. Sebelum menutup persidangan, Emanuel memberi kesempatan kepada PT. Cowell untuk mengajukan duplik, pada Senin pekan depan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of