Senin, 26 Agustus 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
458

Solidaritas Menolak Ganti Rugi Kerusakan Mesin, Berujung Pemecatan

Serang, Buruh-Online.com – Agus Suyantono, Danial Lopo dan Imam Mualif, akhirnya mengugat PT. Grahaexcel Plastindo ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Serang, yang didaftarkan sejak 4 Juli 2019. Dalam gelaran sidang perdana yang dipimpin oleh Hakim Emanuel Ari, Senin (15/7/2019) tidak dihadiri oleh pihak Perusahaan.

Seusai sidang, Zaenal Rusli selaku kuasa hukum Agus dan kawan-kawan yang berasal dari Serikat Pekerja menceritakan penyebab pemutusan hubungan kerja ketiga anggotanya itu. Menurutnya, Agus dipecat karena dianggap mengundurkan diri sejak Oktober 2018.

“Perusahaan menganggap ketiganya mengundurkan diri tapi sebenarnya mereka sedang melakukan solidaritas yang membuat pernyataan bersama, menolak keharusan mengganti rugi mesin yang rusak sebesar Rp10 juta,” ujar Rusli. Ia juga mengatakan, permasalahan tersebut telah diupayakan penyelesaiannya melalui mediasi di Dinas Tenaga Kerja. Namun Perusahaan tidak pernah hadir selama dilakukan sidang mediasi. “Isi anjurannya, mendapatkan nilai pesangon dua kali ketentuan,” tutur Rusli.

Danu Setiawan, salah satu kuasa hukum Agus menegaskan, bahwa aksi solidaritas yang dilakukan ketiga anggotanya itu hanya dalam bentuk surat pernyataan. “Sebenarnya aksi solidaritas itu bentuknya hanya surat saja, surat pernyataan keberatan bersama. Namun dilawan oleh Perusahaan dalam bentuk resign,” tegasnya. Dikatakan Danu, salah satu dari ketiga orang yang dinyatakan mengundurkan diri oleh Perusahaan, adalah pengurus serikat pekerja.

Ditambahkan Nuzulun Ni’mah yang juga kuasa hukum Agus, selain ketiganya, karyawan lainnya boleh masuk. “Karyawan yang lain, yang sama-sama ikut tandatangan surat penolakan boleh masuk semua, tidak dilarang,” jelasnya. Atas peristiwa tersebut, Agus dan kawan-kawan dalam surat gugatannya, menuntut pembayaran uang pesangon, penghargaan masa kerja dan penggantian hak, serta diterbitkannya surat keterangan kerja.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of