Jumat, 15 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
179

Yakinkan Hakim, Pekerja Cowell Ajukan 33 Bukti

Serang, Buruh-Online.com – Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Serang, kembali menggelar sidang lanjutan dalam perkara perselisihan pemutusan hubungan kerja, antara Dinka Maunandez melawan PT. Cowell Depelovment Tbk. Dihadapan Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Emanuel Ari tersebut, kuasa hukum Dinka, Edy Kurnia Djati mengatakan pihaknya telah mengajukan 33 bukti surat.

Edy mengaku, bukti-bukti yang disampaikannya berkaitan dengan ketidakhadiran Dinka. Namun dikatakan Edy, saksi yang hendak ia hadirkan urung datang. “Hanya hari ini kami belum dapat mendatangkan saksi untuk dimintai keterangan dalam persidangan,” ujarnya, Senin (15/7/2019). Lebih lanjut dijelaskannya, bukti surat yang disampaikannya juga mengenai aturan-aturan ketenagakerjaan yang telah dilanggar oleh Cowell.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Dinka yang telah bekerja selama 6 tahun lebih 7 bulan itu, meminta agar Majelis Hakim menyatakan pemberhentian dirinya yang dilakukan oleh PT. Cowell Depeloment telah melanggar Pasal 161 ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dalam ketentuan tersebut, diatur bahwa pengusaha hanya dapat melakukan pemutusan hubungan kerja karena melakukan pelanggaran perjanjian kerja bersama, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja, apabila telah diberikan surat peringatan pertama, kedua dan ketiga.

Dengan tidak adanya kesalahan yang dilakukan, Dinka dalam surat gugatannya pada Perkara Nomor 6/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Srg, memohon agar pengakhiran hubungan kerja dirinya, dikualifikasi sebagai efisiensi, dengan pemberian uang kompensasi sebesar dua kali pesangon, penghargaan masa kerja dan penggantian hak sesuai Pasal 27 ayat (1) Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 150 Tahun 2000.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of