Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
356

Bergaji Diatas Rp8 Juta Sebulan, Iuran BPJS Kesehatan Bakal Naik

Ilustrasi.

Jakarta, BuruhOnline.com – Dalam rapat kerja gabungan antara Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama Komisi IX dan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Jakarta, Selasa (27/8/2019), mengemuka rencana kenaikan iuran kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, bagi pekerja badan usaha swasta dan pegawai negeri sipil. Kenaikan tersebut, rencananya akan diberlakukan pada Oktober dan Januari 2020.

“Iuran bagi PPU pemerintah bisa mulai dinaikkan Oktober 2019. Sementara, iuran bagi PPU Badan Usaha mulai naik Januari 2020,” jelas Sri Mulyani. Menurutnya, pekerja pada badan usaha swasta akan dilakukan perubahan batas atas besaran upah dari kewajiban iuran sebesar 5 persen. Batas upah sebagai dasar perhitungan 5 persen, yang semula Rp8 juta menjadi Rp12 juta tiap bulannya. Sehingga bagi pekerja badan usaha swasta yang menerima upah dibawah Rp8 juta sebulan, tidak mengalami kenaikan iuran.

Sedangkan bagi pegawai negeri sipil, besaran iuran yang sebelumnya 5 persen dari gaji pokok ditambah tunjangan keluarga, menjadi 5 persen dari seluruh besaran upah yang diterimanya setiap bulan. Namun begitu, Sri mengaku, keputusan kenaikan iuran BPJS Kesehatan tersebut belum dapat dilakukan, karena terkendala dengan pertimbangan politis dan beban masyarakat.

Anggota Komisi IX DPR, Syamsul Bachi mempertanyakan komitmen Pemerintah dalam perbaikan tata kelola pada sistem jaminan sosial yang dijalankan BPJS Kesehatan. Sebab ia menilai, masalah iuran bukan menjadi sastu-satunya yang harus dibenahi, tetapi pembenahan terhadap masalah pelayanan juga harus diperhatikan.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan, upaya perbaikan pelayanan BPJS Kesehatan yang sudah dilakukan, adalah diantaranya memperbaiki sistem rujukan daring dengan sistem rujukan terintegrasi. Menurutnya, uji coba sistem tersebut sudah dilaksanakan di Bandung sejak bulan Agustus 2019. Fachmi juga berupaya mengimplementasikan sistem tersebut secara nasional pada Nopember 2019.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of