Selasa, 19 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
248

Berkategori Efisiensi, PT. Ferindo Jaya Abadi Dihukum Bayar Pesangon

Jakarta, BuruhOnline.com – Wenny Fransisca Ticoalu mengaku puas atas dikabulkannya seluruh tuntutan oleh Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019). Dalam amar putusan yang dibacakan oleh Hakim Taryan Setiawan, tindakan PT. Ferindo Jaya Abadi dikualifikasikan sebagai efisiensi, dan wajib membayar uang kompensasi pemutusan hubungan kerja.

Taryan juga menyatakan, bahwa hubungan kerja antara Fransisca dengan Perusahaan, dinyatakan putus terhitung sejak putusan diucapkan. Usai menghadiri persidangan, Fransisca mengaku puas dengan putusan Majelis Hakim. Ia menilai tindakan PT. Ferindo terhadap drinya tidaklah adil, akibat tindakan pemutusan hubungan kerja yang tanpa disertai uang pesangon.

“Perusahaan hanya mau membayar satu bulan gaji, dan itu melanggar undang-undang yang tertulis, sehingga saya mengajukan gugatan ke PHI,” ujarnya. Fransisca juga mengaku, dirinya yang tanpa didampingi kuasa hukum, menyusun gugatan, replik, dan kesimpulan serta mempersiapkan alat bukti, secara sendirian. Sebab, apa yang ia sampaikan sesuai dengan fakta yang dialaminya sejak bekerja di PT. Ferindo Jaya Abadi.

Sebelumnya, Wenny telah berusaha untuk melakukan penyelesaian melalui tingkatan musyawarah dengan Pengusaha, namun tidak mencapai kata mufakat. Dan kemudian, ia meminta Suku Dinas Tenaga Kerja Kota Jakarta Barat untuk mengadakan sidang mediasi. Akan tetapi juga tidak menghasilkan kesepakatan.

Seperti telah diberitakan, Wenny setelah diputuskan hubungan kerjanya pada Desember 2018 lalu, resmi menggugat PT. Ferindo Jaya Abadi pada 4 April 2019, dengan register perkara di Kepaniteraan PHI Jakarta Pusat Nomor 130/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst. Dalam tuntutannya, Wenny yang mengaku baru bekerja selama 1 tahun 4 bulan itu, menuntut pembayaran uang pesangon karena alasan Perusahaan tutup bukan karena menderita kerugian.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of