Jumat, 15 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
168

Diputus Pesangon, PT. Petrotec Ajukan Gugatan Perlawanan

Jakarta, Buruh-Online.com – PT. Petrotec Rekayasa Dinamika mengajukan gugatan perlawanan atas Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, yang menghukumnya untuk membayar uang pesangon sebagai kompensasi pemutusan hubungan kerja terhadap Robby Arsya Azhim. Kala itu, Pengadilan mewajibkan Perusahaan membayar secara tunai dan sekaligus sejumlah uang sebesar Rp77,6 juta.

Gugatan perlawanan (verzet) dapat diajukan oleh pihak lawan yang selama proses pemeriksaan di persidangan tidak pernah hadir. Sehingga PHI Jakarta Pusat, pada 27 Mei 2019 lalu menjatuhkan putusan verstek. Sidang terhadap gugatan perlawanan yang diajukan oleh PT. Petrotec dipimpin oleh Hakim Taryan Setiawan pada Senin (5/8/2019) dengan agenda pemeriksaan identitas para pihak. Robby yang diwakili kuasa hukumnya, Abimanyu Soeharto dan Dedi Surya Wijaya sesaat seusai persidangan, menceritakan awal mula terjadinya gugat menggugat di PHI Jakarta Pusat.

Dikatakan Abimanyu, Robby telah bekerja selama satu tahun lebih dua hari sebagai manager produksi di PT. Petrotec, dan kemudian diputuskan hubungan kerjanya secara sepihak tanpa ada peringatan terlebih dahulu. “Pada saat di-PHK, klien kami (Robby) disampaikan tidak ada pesangon,” ujar Abimanyu. Menurutnya, tindakan Perusahaan telah keliru. Sebab, dalam undang-undang ketenagakerjaan mengatur pemutusan hubungan kerja yang harus disertai dengan uang pesangon.

Alasan Perusahaan, lanjut Abimanyu, kinerja Robby selama setahun tidak memenuhi kriteria. “Dalam UU Ketenagakerjaan, tidak ada satu-pun pasal yang dapat dijadikan rujukan untuk menjadi alasan PHK,” tegasnya. Atas peristiwa tersebut, Dinas Tenaga Kerja telah berupaya untuk melakukan penyelesaian, hingga diterbitkannya anjuran untuk mempekerjakan kembali Robby, namun tidak dijalankan.

Ditambahkan Dedi Surya Wijaya, pihaknya akhirnya memutuskan untuk meminta hubungan kerja diakhiri oleh Pengadilan. Sebab menurutnya, hubungan kerja tak lagi mungkin dapat untuk dipertahankan. “Menimbang dari hubungan kerja sudah tidak baik, akibat adanya PHK. Makanya atas anjuran Disnaker itu, klien kami (Robby) lebih baik memilih pesangon,” terangnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of