Jumat, 15 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
434

Disnaker Anjurkan Status Pekerja Tetap, Pekerja Ajukan Gugatan Bekerja Kembali

Bandung, Buruh-Online.com – Tidak dijalankannya anjuran Dinas Tenaga Kerja oleh PT. Padama Bahtera Labelindo, membuat Wawan Kurniawan dan kawan-kawan (49 orang) mengajukan gugatan bekerja kembali ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung sejak 12 Juni 2019 lalu.

Dalam anjurannya, Disnaker menyarankan agar PT. Padama Bahtera Labelindo mengangkat Wawan dan kawan-kawan menjadi pekerja dengan hubungan kerja waktu tidak tertentu (tetap). Sebab, menurut kuasa hukum Wawan, Duddy Hairrurizal SH., MH mengatakan, masa kerja Pekerja telah ada yang mencapai hingga 13 tahun dengan perjanjian kerja kontrak.

“Mereka dikontrak per enam, per satu tahun tanpa dijeda,” ujar Duddy, Senin (5/8/2019) usai menghadiri persidangan yang beragendakan penyerahan bukti surat dari Pihak Perusahaan. Selain itu, lanjut Duddy, pihaknya pada pekan lalu telah mengajukan bukti surat berupa perjanjian kontrak yang berkepanjangan.

Seperti diceritakan Duddy, awalnya Wawan beserta kawan-kawannya mengajukan permohonan pengangkatan sebagai Pekerja tetap, mengingat masa kerja dan jenis pekerjaan yang diadakan di PT. Padama Bahtera Labelindo. “Disaat para Pekerja meminta status PKWTT (Pekerja tetap), Perusahaan menolak dan melakukan pemutusan hubungan kerja secara massal,” terangnya.

Ia juga mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan saksi. Perlu diketahui, gugatan yang diajukan 49 Pekerja terhadap Perusahaan dipecah menjadi empat perkara, yakni Perkara 146, 147, 148 dan 149. Sehingga menurut Duddy, pihaknya akan menghadirkan dua orang saksi dalam empat perkara tersebut.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of