Selasa, 19 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
151

Hasil Kerja Tak Sesuai Harapan Pengusaha Jadi Dalil PHK

Jakarta, BuruhOnline.com – Koperasi Bumi Sejahtera digugat oleh Managernya, Asep Warsa ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sejak 25 Juli 2019 lalu. Asep tak terima diputuskan hubungan kerjanya sejak Oktober 2018, dengan alasan hasil kerjanya tidak sesuai dengan harapan pengurus koperasi.

Asep yang telah bekerja selama tujuh tahun dalam gugatannya, menuntut Koperasi Bima Sejahtera membayar uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, penggantian hak dan upah proses sebesar Rp147,3 juta. Ia juga meminta Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hakim Taryan Setiawan, menetapkan harta bergerak dan tidak bergerak di Jl. Kawasan Komersial Cilandak, Jakarta Selatan, untuk dinyatakan dalam keadaan sita jaminan.

“Alasan mereka hanya menyatakan, bahwa kinerja principal kami, tidak sesuai dengan harapan pengusaha. Namun itu semua tidak benar dan kita bantahkan yang diperkuat dengan rekomendasi dari Sudinnaker,” ujar Antoni selaku kuasa hukum Asep Warsa, Kamis (22/8/2019) usai menghadiri persidangan yang digelar di ruang sidang Sarwata, Gedung PHI Jakarta Pusat.

Antoni juga menjelaskan, pengakhiran hubungan kerja oleh Koperasi Bumi Sejahtera terhadap Asep, tidak berdasar. “Alasan lengkap PHK-nya itu tidak jelas ya, dan tidak berdasar karena tidak ada surat peringatan satu, peringatan dua, peringatan tiga,” tukasnya.

Persidangan dalam Perkara Nomor 239/Pdt.sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst itu, beragendakan pembacaan jawaban dari pihak Koperasi, dan akan dilanjutkan pada pekan depan dengan agenda penyerahan replik dari pihak Asep.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of