Kamis, 19 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
313

Keluar Dari Serikat Jadi Syarat Diangkat Pekerja Tetap, Pengurus Serikat Diberhentikan

Bandung, Buruh-Online.com – Meski tindakan yang dilakukan oleh PT. Se Min Metal Indonesia dapat dikualifikasi sebagai pelanggaran kebebasan berserikat, yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000. Namun kuasa hukum Sungidi dan Warniyah, Junaiddin lebih memilih untuk mengajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung.

Sebab menurutnya, hanya di PHI sebagai tempat yang tepat untuk mendapatkan kepastian hukum atas kelanjutan hubungan kerja Pekerja dengan Pengusaha. Demikian dikatakannya, Rabu (14/8/2019) seusai menghadiri persidangan di PHI Bandung, yang dipimpin oleh Hakim Yuswardi dengan agenda penyerahan bukti tertulis dari Perusahaan.

“Karena, disinilah mencari kepastian hukum, yang salah satunya memastikan bekerja kembali atau di-PHK,” kata Junaiddin. Ia juga menjelaskan, pihaknya telah berupaya menyelesaikan perselisihan pemutusan hubungan kerja tersebut, melalui mediasi di Dinas Tenaga Kerja. Dalam anjurannya, Disnaker telah menganjurkan agar PT. Se Min mempekerjakan kembali Sungidi dan Warniyah.

Namun karena Perusahaan tidak kunjung melaksanakan anjuran Disnaker, maka keduanya mengajukan gugatan ke PHI Bandung pada 19 Juni 2019 yang lalu. Junaiddin menceritakan, awal mula terjadinya perselisihan adalah ketika keduanya yang terdaftar sebagai anggota serikat pekerja, menyampaikan tanda bukti pencatatan keberadaan serikat di Perusahaan.

“Karena PHK-nya pemberangusan serikat. Jadi saat membuat serikat, pada waktu memberitahu ke Perusahaan, itu langsung di-PHK semua,” jelas Junaiddin. Perusahaan, lanjutnya, pernah menerbitkan surat yang ditujukan kepada pekerja, apabila hendak diangkat menjadi pekerja tetap maka terlebih dahulu harus keluar dari keanggotaan serikat pekerja.

Persidangan dalam perkara Nomor 155/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Bdg tersebut, ditunda hingga Rabu pekan depan, untuk mendengarkan keterangan saksi dari pihak Pekerja.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of