Selasa, 19 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
298

Pabrik Kabel Terapkan Kontrak, Pekerja Belasan Tahun Ini Tuntut Bekerja Kembali

Bandung, Buruh-Online.com – Gugatan yang diajukan oleh 17 Pekerja PT. Ewindo, mulai digelar perdana oleh Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (14/8/2019). Diwakili oleh kuasa hukumnya, Mangiring TS Sibagariang, Cucu Sufardi dan kawan-kawan menolak diberhentikan secara sepihak, dengan alasan masa perjanjian kerja waktu tertentunya telah berakhir.

Sebab, dikatakan Mangiring, masa kerja Cucu dan kawan-kawan ada yang mencapai lima hingga tujuh belas tahun tanpa adanya jeda atau pembaharuan perjanjian kerja kontrak. Sehingga, terhadap perjanjian kerja tersebut, Pengadilan haruslah menyatakan beralih demi hukum menjadi perjanjian kerja waktu tidak tertentu atau pekerja tetap.

“Selama bekerja, masa kerja pegawai ini rata-rata bervariasi. Ada yang paling lama 17 tahun dan yang paling rendah itu lima tahun. Yang digunakan itu selalu PKWT, perpanjangan terus setiap tahunnya tanpa ada jeda,” tegas Mangiring. Atas fakta hukum tersebut, ia mengatakan bahwa perjanjian kerja tersebut batal demi hukum.

Sebagai Perusahaan yang bergerak di bidang industri kabel, menurut Mangiring, kegiatan yang dilakukan di PT. Ewindo merupakan kegiatan utama yang tidak dapat menerapkan perjanjian kerja kontrak. Lebih lanjut Mangiring menegaskan, bahwa pihaknya menolak sebagian anjuran Dinas Tenaga Kerja, yang menganjurkan agar Pihak Perusahaan mempekerjakan kembali Cucu dan kawan-kawan, dengan masa kerja sejak tahun 2017.

“Isi anjuran ini, ada yang rancu. Dipekerjakan kembali terhitung dari tahun 2017. Sementara masa kerja karyawan ada yang dari tahun 2000 mulai bekerjanya,” terang Mangiring. Atas dasar itulah, ia meminta kepada Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Yuswardi, untuk membatalkan pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh PT. Ewindo, dan memerintahkan Perusahaan untuk mempekerjakan kembali Cucu dan kawan-kawan.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] telah diberitakan sebelumnya, sebagai Perusahaan yang bergerak di bidang industri kabel, kegiatan yang dilakukan di […]