Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
200

Pemberitahuan PHK Lewat WhatsApp, Pekerja Tuntut Pesangon

Bandung, BuruhOnline.com – Melalui aplikasi WhatsApp, Royke Puri Wardaya diberitahukan untuk tidak perlu lagi bekerja oleh CV. Unity Indo Sukses sejak Oktober 2018. Pasalnya, Royke yang merupakan koordinator satuan pengamanan itu, dianggap oleh Pemilik CV. Unity telah melakukan pelanggaran.

Padahal, menurut kuasa hukum Royke, Ivan Chandra Syahrul mengatakan, pelanggaran yang dimaksud Perusahaan, dilakukan oleh anggota satpam lainnya. Sebagai koordinator, maka Royke berusaha untuk mempertanggungjawabkan kesalahan anggotanya. Akan tetapi, Perusahaan tidak dapat menerimanya dan berakhir dengan pemberitahuan pengakiharn hubungan kerja.

Ivan menilai, tindakan pemberhentian yang dilakukan CV. Unity Indo Sukses, tanpa prosedur yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan ketenagakerjaan yang berlaku. Seharusnya, menurut Ivan, Perusahaan melakukan upaya penyelesaian melalui lembaga Pengadilan Hubungan Industrial. “Karena ada satu permasalahan, tiba-tiba langsung di-cut tanpa melalui (pengadilan) hubungan industrial,” ujar Ivan, Rabu (28/8/2019).

Sebagai bagian dari mekanisme penyelesaian perselisihan hubungan industrial, Ivan juga telah berusaha memanggil Pihak CV. Unity untuk melakukan perundingan bipartit. Akan tetapi, upaya tersebut hingga proses mediasi di Dinas Tenaga Kerja, tidak menghasilkan kesepakatan. “Isi anjurannya memang menyatakan sah (Royke) sebagai pekerja tetap, maka berkewajiban memberikan pesangon,” terang Ivan usai menghadiri persidangan di PHI Bandung.

Dalam surat gugatannya yang diregister dengan Perkara Nomor 182/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Bdg itu, Royke meminta Majelis Hakim PHI Bandung yang dipimpin oleh Hakim Suwanto, untuk menyatakan hubungan kerjanya dengan CV. Unity Indo Sukses sebagai pekerja tetap sejak bulan Juni 2012. Dan terhadap keputusan Perusahaan yang memberhentikannya, haruslah disertai dengan pembayaran uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, penggantian hak dan upah selama tidak dipekerjakan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of