Kamis, 12 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
785

Pengadilan Sita Ratusan Mesin Milik Pabrik Dada

Bandung, Buruh-Online.com – Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, mengabulkan permohonan sita jaminan yang diajukan oleh Cecep Amirudin dan kawan-kawan (239 orang). Dalam amar putusan sela yang dibacakan oleh Hakim Waspin Simbolon, sebanyak ratusan mesin, puluhan unit box container dan barang jadi milik PT. Dada Indonesia dinyatakan sebagai jaminan, apabila tuntutan Cecep dan kawan-kawan dikabulkan.

Usai persidangan, Cahya Sehabudin Malik selaku kuasa hukum Cecep mengatakan, pihaknya akan segera melakukan eksekusi terhadap harta bergerak milik PT. Dada. “Mengabulkan permohonan sita jaminan berupa barang bergerak, seperti mesin dan peralatan kerja,” ujarnya Rabu (7/8/2019).

Seperti diberitakan sebelumnya, PT. Dada Indonesia selaku produsen garment yang berproduksi di Sadang, Purwakarta itu, sejak Oktober 2018 secara tiba-tiba menutup Perusahaan. Kejadian tersebut, mengakibatkan ratusan buruhnya tidak dapat masuk ke lokasi Perusahaan hingga gugatan diajukan, tutur Akbar. Tak hanya upah, uang kompensasi akibat tutupnya Perusahaan tak kunjung dibayarkan oleh PT. Dada Indonesia.

Perusahaan juga telah mengalihkan beberapa asset yang dimilikinya, dan sisa asset yang tertinggal hanya mesin-mesin dan benda bergerak lainnya. Dalam surat gugatan yang diregister dengan Nomor 136/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Bdg itu, PT. Dada dituntut untuk membayar upah selama tidak dipekerjakan, yang seluruhnya sebesar Rp7,8 miliar.

Tak hanya itu, Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Waspin Simbolon diminta untuk menetapkan besaran uang kompensasi pesangon, penghargaan masa kerja dan penggantian hak sebesar Rp21,4 miliar.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of