Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
159

Tak Pernah Tandatangan Perjanjian Kerja, Pengadilan Tetapkan Besaran Pesangon

Bandung, BuruhOnline.com – Ketua Majelis Hakim Waspin Simbolon, mengabulkan gugatan Wisnu Chandra untuk sebagian dan menghukum PT. Safe Insurance Brokers membayar sejumlah uang sebagai kompensasi pembayaran pesangon, penghargaan masa kerja dan penggantian hak, yang merupakan akibat hukum yang timbul dari suatu pengakhiran hubungan kerja.

Praditha Hasugian selaku salah satu kuasa Hukum Wisnu mengaku dirinya cukup puas dengan Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, dalam Perkara Nomor 128/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Bdg itu. Meskipun ada beberapa tuntutan yang tidak penuhi, yakni permintaan penutupan tiga rekening perbankan milik Perusahaan, dan uang paksa (dwangsom).

“Yang ditolak itu sita jaminan yang kami ajukan, berupa nomor rekening (bank) untuk diblokir yang kami anggap sebagai hak kami. Yang lainnya masalah (tuntutan) uang dwangsom,” ujar Praditha, Rabu (21/8/2019) usai menghadiri persidangan yang beragendakan pembacaan putusan tersebut.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Wisnu Chandra meminta PHI Bandung, untuk meletakkan sita jaminan dan pemblokiran atas tiga rekening bank atas nama PT. Safe Insurance Brokers. Sebab, Perusahaan belum membayar hak-hak Wisnu yang timbul dari akibat adanya pengakhiran hubungan kerja yang dilakukan sejak Juli 2018. Kala itu, Praditha Hasugian mengatakan, pihaknya telah berupaya untuk menyelesaikan perselisihan pemutusan hubungan kerja melalui Dinas Tenaga Kerja. Namun hingga gugatan diajukan, lanjut Praditha, Perusahaan tidak bersedia melaksanakan anjuran Disnaker, agar Perusahaan membayar uang kompensasi.

Seperti diutarakan Praditha, Wisnu sejak awal bekerja tidak pernah menandatangani perjanjian kerja. Sehingga menurutnya, hubungan kerja antara Wisnu Chandra dengan PT. Safe Insurance Brokers haruslah dinyatakan sebagai pekerja tetap. Dengan diputuskannya hubungan kerja, maka Praditha menganggap, Perusahaan wajib memberikan uang pesangon dan hak-hak lainnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of