Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
385

Ternyata Merokok Juga Berbahaya Bagi Hubungan Kerja

Bandung, BuruhOnline.com ­– Tak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, namun merokok juga dapat membahayakan kelanjutan hubungan kerja antara seorang Pekerja dengan Pengusaha. Iwan Pales yang telah bekerja hampir selama empat tahun itu, diputuskan hubungan kerjanya secara sepihak, terhitung sejak pertengahan tahun 2018, akibat kedapatan merokok di area kerja yang dapat mengakibatkan kebakaran.

Tindakan Iwan, dikualifikasikan oleh PT. Pratama Abadi Industries melanggar Pasal 46 ayat (1) huruf g Perjanjian Kerja Bersama. Sehingga Iwan diakhiri hubungan kerjanya dengan alasan telah melakukan kesalahan berat. Terhadap anggapan tersebut, Iwan melalui kuasa hukumnya, Ramdan Gumilar menolak tindakan pemutusan hubungan kerja yang dilakukan Perusahaan produsen sepatu Nike itu.

Ramdan merasa adanya kejanggalan terhadap beberapa bukti dan keterangan para saksi, yang menjadi dasar pemutusan hubungan kerja terhadap Iwan Pales yang bertugas sebagai operator produksi. “Ada beberapa yang menurut kami terasa janggal, terkait keterangan dari para saksi dan bukti-bukti yang dikumpulkan,” tegas Ramdan, Rabu (21/8/2019) seusai menghadiri persidangan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, yang dipimpin oleh Hakim Waspin Simbolon.

Sebelumnya, alasan pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh PT. Pratama terhadap Iwan, telah dibenarkan oleh Mediator Hubungan Industrial pada Dinas Tenaga Kerja. Namun menurut Ramdan, anjuran Mediator tersebut, tidak sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. “Kami menolak anjuran tersebut, dan kami ajukan ke PHI,” ujarnya.

Dalam surat gugatannya, Iwan menuntut untuk dipekerjakan kembali, dan agar membayar upah selama tidak dipekerjakan sejak 8 September 2018 sampai dengan adaya putusan Pengadilan. Persidangan akan kembali dilanjutkan pada Rabu pekan depan, dengan agenda perbaikan surat kuasa dari Pihak Perusahaan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of