Jumat, 15 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
150

Tok!!! Pengadilan Hukum PT. Esitas Pacific Bayar Jutaan Rupiah

Bandung, Buruh-Online.com – Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hakim Waspin Simbolon, Senin (5/8/2019) menyatakan pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh PT. Esitas Pacific terhitung sejak tanggal 16 Mei 2018, terhadap Cucu Suryana, Haryadi, Setiadi dan Roni, tidak sah. Namun menurut Waspin, dengan adanya keinginan dari Perusahaan yang tetap menginginkan putus hubungan kerja, maka hubungan kerja dianggap tidak lagi dapat dipertahankan.

Atas pertimbangan hukum tersebut, Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung menyatakan putus hubungan kerja antara Cucu Suryana dan kawan-kawan (4 orang) dengan PT. Esitas Pacific terhitung sejak putusan diucapkan. “Majelis Hakim memutus, dikarenakan tidak dimungkinkan lagi untuk bekerja akibat salah satu pihak menghendaki PHK, maka Majelis memutus untuk memberikan nilai kompensasi pesangon dua kali undang-undang,” ujar Ali Yamin selaku kuasa hukum Cucu Suryana dan kawan-kawan.

Yamin juga mengatakan, terhadap tuntutan yang meminta agar ditetapkan besaran upah selama proses pemutusan hubungan kerja sejak Mei 2018, hanya dikabulkan sebesar enam bulan. “Tuntutan yang tidak dikabulkan itu upah proses, hanya diberikan enam bulan,” terangnya. Padahal, Cucu dan kawan-kawan meminta Pengadilan menetapkan upah proses hingga bulan Mei 2019.

Menanggapi putusan tersebut, Cucu Suryana mengapresiasi keputusan yang menyatakan pemutusan hubungan kerja terhadap dirinya tidak sah. “Tetapi ada ketidaksesuaian gugatan kami ingin bekerja kembali, tetapi putusan adalah PHK, meskipun ada kompensasi pesangon sebesar Rp356 juta,” katanya.

Perlu diketahui, Cucu dan kawan-kawan menggugat PT. Esitas Pacific sejak 24 April 2019, yang diregister dalam Perkara Nomor 119/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Bdg. Dalam tuntutannya, Cucu meminta dipekerjakan kembali yang disertai dengan pembayaran upah selama dua belas bulan, tunjangan hari tahun 2018 dan pembayaran uang paksa.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of