Sabtu, 16 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
190

Dianggap Langgar Kode Etik, Mantan Pekerja Laporkan Panitera ke Ketua Pengadilan

Jakarta, BuruhOnline.com – Panitera Pengadilan Hubungan Industrial, dilaporkan oleh mantan Pekerja PT. Superintending Company of Indonesia (Sucofindo) ke Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Mereka menganggap, Panitera telah melanggar Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004 dan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku.

Laporan yang diajukan pada 28 Agustus lalu itu, menurut Nasrul Dongoran selaku kuasa hukum Janiwati BR Sitepu dan kawan-kawan selaku mantan Pekerja Sucofindo, disebabkan tindakan Panitera yang menerima pendaftaran Perjanjian Bersama (PB) tanpa kehadiran Pekerja. Menurut Nasrul, seharusnya Panitera menerapkan asas ketelitian, dengan menunda pendaftaran PB jika tanpa kehadiran pihak Pekerja.

“Panitera tidak teliti dalam menerima pendaftaran akta perjanjian bersama. Kenapa? Karena dia melanggar UU PPHI. Dimana pendaftaran perjanjian bersama itu dilakukan oleh kedua belah pihak,” terang Nasrul, Senin (16/9/2019) di Gedung PHI Jakarta Pusat. Menurutnya, dengan tindakan Panitera yang menerima pendaftaran PB yang dilakukan hanya oleh Pihak Sucofindo, merupakan pelanggaran undang-undang.

Sebab, lanjut Nasrul, isi perjanjian bersama yang didaftarkan oleh Sucofindo, dinilai merugikan pihak pekerja. Selain itu, tambahnya, PB tersebut sedang diajukan upaya hukum dengan memperselisihkan sebagian isinya ke PHI Jakarta Pusat. “Sebenarnya sangat sangat merugikan pekerja,” ujarnya.

Ia berharap, Ketua PN Jakarta Pusat dapat mengharuskan Panitera dan Juru Sita untuk lebih profesional dan teliti dalam menerima pendaftaran perjanjian bersama, agar dapat memberikan perlindungan hukum terhadap hak-hak pekerja yang belum dibayarkan oleh Perusahaan. Dalam Pasal 7 ayat (3) UU PPHI, dinyatakan, Perjanjian Bersama sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) wajib didaftarkan oleh para pihak yang melakukan perjanjian pada Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri di wilayah para pihak mengadakan Perjanjian Bersama.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of