Selasa, 12 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
154

Diberhentikan Karena Himpun Dana Simpan Pinjam, Pekerja Ajukan 30 Bukti

Jakarta, BuruhOnline.com – Merasa tak setuju adanya pengumpulan uang kas, keterangan kedua saksi yang dihadirkan oleh PT. Nadi Solusi Bisnis terbantah dengan sendirinya oleh mereka. Sebab, jika keberadaan uang kas tersebut tidak memberikan manfaat, lalu disebut apa jika keduanya pernah meminjam uang dari dana kas yang dikumpulkan oleh Diki Priyana itu.

Sehingga, Diki melalui kuasa hukumnya, Ramayani Darwis mempertanyakan hubungan keterangan kedua saksi yang jstru saling bertentangan. Ramayani juga menyanggah adanya tuduhan paksaan yang dilakukan Diki dalam menghimpun dana kas untuk simpan pinjam tersebut. Sebab lanjut Ramayani, sebelum para pekerja menitipkan uangnya untuk digunakan sebagai dana simpan pinjam, mereka telah menandatangani surat pernyataan.

“Dari bukti itu, membuktikan bahwa mereka tidak keberatan. Karena sudah tanda tangan surat pernyataan,” ujar Ramayani. Ia juga menjelaskan, bahwa pihaknya menyerahkan 30 bukti surat, yang diantaranya membuktikan adanya bukti transfer uang dalam bentuk pinjaman dan pengembalian uang kas. Dari keterangan kedua saksi, terungkap, jika selama ini tidak pernah ada fasilitas pinjaman dari Perusahaan, sehingga Diki berinisiatif menghimpun uang kas.

Kedua saksi menceritakan, jika mereka pernah menerima manfaat dari uang kas berupa transfer pinjam uang untuk menyelenggarakan acara adat. “Saksi tersebut mengatakan bahwa tidak mendapatkan manfaat dan keberatan dengan adanya pengumpulan (uang kas). Tapi disisi lain dia minjem,” terang Ramayani usai menghadiri persidangan yang digelar diruang sidang Sarwata, Gedung PHI Jakarta Pusat.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Diki Priyana tak pernah menyangka akan digugat oleh Perusahaan, atas upaya dirinya bersama teman-temannya yang mengumpulkan uang secara teratur pada waktu tertentu, berujung pada akan diberhentikannya sebagai Pekerja di PT. Nadi Solusi Bisnis. Meski sudah diberikan anjuran oleh Dinas Tenaga Kerja, akan tetapi Perusahaan tetap keukeuh ingin hubungan kerjanya dengan Diki, berakhir.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of