Selasa, 19 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
256

Dikontrak Bertahun-Tahun, Buruh Ewindo Tuntut Status Hubungan Kerja

Bandung, BuruhOnline.com – Kuasa hukum Cucu Sufardi dan kawan-kawan (17 orang), Abdul Akbar usai menghadiri persidangan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, menegaskan hubungan kerja pekerja yang diperjanjikan dengan waktu tertentu (kontrak) yang dibuat bersama PT. Ewindo, demi hukum beralih status hubungan kerjanya menjadi pekerja tetap.

Akbar juga menuding PT. Ewindo telah keliru dalam mendalilkan pemutusan hubungan kerja Cucu dan kawan-kawan, dengan alasan perjanjian kontraknya telah berakhir. Pengakhiran hubungan kerja secara sepihak yang dilakukan Ewindo, bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan ketenagakerjaan yang berlaku.

“Ini masalah pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh Tergugat (PT. Ewindo) kepada klien kami. Dengan alasan bahwa hubungan kerja antara Tergugat dengan klien kami, itu hanya perjanjian kerja waktu tertentu,” ujar Akbar, Rabu (28/8/2019). Padahal, lanjutnya, Cucu Sufardi dan kawan-kawan dikontrak bertahun-tahun dan secara terus menerus.

Atas fakta tersebut, seharusnya Perusahaan menetapkan status hubungan kerja ke-17 pekerjanya yang diberhentikan secara sepihak sejak Maret 2017, dinyatakan sebagai pekerja tetap, tambah Akbar. “Jadi tuntutan kami, mempekerjakan Cucu dan kawan-kawan dengan status karyawan tetap,” terangnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, sebagai Perusahaan yang bergerak di bidang industri kabel, kegiatan yang dilakukan di PT. Ewindo merupakan kegiatan utama yang tidak dapat menerapkan perjanjian kerja kontrak. Sehingga, terhadap perjanjian kerja tersebut, Pengadilan haruslah menyatakan beralih demi hukum menjadi perjanjian kerja waktu tidak tertentu atau pekerja tetap.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of