Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
442

Efisiensi Jadi Alasan Pembenar Denso Berhentikan Lima Pekerjanya

Jakarta, BuruhOnline.com – Lima Pekerja PT. Denso Indonesia yakni Muhammad Adi Wijaya, Syahrul Himawan, Ridwan Maulana, Muhammad Nawawi dan Ferdian Syah, menolak diberhentikan secara sepihak sejak 27 Maret 2019 lalu. Alasan penolakan kelimanya, karena PT. Denso Indonesia yang memiliki tiga pabrik di Jakarta serta Bekasi itu, masih sehat dan memiliki kemampuan untuk tetap melakukan kegiatan produksi.

Danyanto selaku kuasa hukum Wijaya dan kawan-kawan, mengaku telah menyerahkan 33 bukti surat, diantara bukti yang disampaikan merupakan kelalaian administrasi hingga upaya-upaya penyelesaian pengakhiran hubungan kerja sepihak yang dilakukan oleh PT. Denso Indonesia. Menurut Danyanto, pihak Perusahaan hanya memberikan gambar statistik penurunan penjualan, bukan bukti adanya kerugian yang dialami.

“Beberapa alat buktinya itu tidak mengungkapkan bahwa mereka (PT. Denso Indonesia) telah mengalami kerugian. Hanya penurunan penjualan biasa yang berbentuk statistik saja,” kata Danyanto usai menghadiri persidangan, Rabu (18/9/2019) di gedung Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Sebagai penggugat, PT. Denso Indonesia meminta Majelis Hakim PHI Jakarta Pusat untuk menyatakan putus hubungan kerja dengan Wijaya dan kawan-kawan (5 orang) sejak 27 Maret 2019, dengan penetapan besaran uang kompensasi pengakhiran hubungan kerja, berupa uang pesangon, sisa cuti, biaya pemulangan pekerja ke tempat asal, penggantian perumahan, pengobatan dan perawatan.

Lebih lanjut ditambahkan Danyanto, PT. Denso Indonesia telah dianjurkan oleh Dinas Tenaga Kerja untuk mempekerjakan kembali kelima pekerjanya itu. Sehingga Wijaya dan kawan-kawan meminta Majelis Hakim untuk menolak gugatan Perusahaan, dan memerintahkan untuk mempekerjakan kembali. “Tetap balik bekerja, karena sampai detik ini mereka (pekerja) belum dapat putusan yang inkraacht, jadi seharusnya mereka itu bekerja,” tegasnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of