Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
332

Hakim Putus Pesangon, Walau Telah Diberhentikan Sejak 2009

Jakarta, BuruhOnline.com – Hakim Duta Baskara menghukum PT. Nuansa Bali Cempaka wajib membayar uang kompensasi pemutusan hubungan kerja kepada Juanita Anggreni Sukarta, meskipun telah diberhentikan dengan alasan pensiun sejak tanggal 31 Agustus 2009. Sedangkan terhadap hubungan hukum yang disepakati antara Juanita dengan Perusahaan hingga tahun 2017, dianggap bukan kewenangan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Menurut Duta, hubungan hukum tersebut bukanlah hubungan kerja. Sebab setelah diberhentikan sejak 2009, Juanita diangkat menjadi Wakil Direktur hingga tahun 2017. “Kalau untuk perhitungan 2009 ke 2017 itu ditentukan di pengadilan umum, berarti Pengadilan Negeri Jakarta Timur,” ujar Koto Sitorus usai menghadiri persidangan, Senin (16/9/2019).

Atas putusan itu, Koto mengaku akan berkoordinasi dengan Juanita, untuk mengajukan gugatan perdata ke PN Jakarta Timur, sepanjang kewajiban yang belum dibayarkan oleh PT. Nuansa Bali Cempaka saat dirinya diangkat menjadi Wakil Direktur. “Poin kita untuk meminta (tuntutan) baru lagi, meminta saham,” tegas Sitorus.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, perselisihan bermula dari chat atasannya melalui aplikasi media sosial yang diterima oleh Juanita pada tanggal 25 September 2017, dirinya yang masih menjalani masa cuti selama sebulan dengan pembayaran upah hanya 50%, diperintahkan untuk pensiun dan tidak perlu masuk bekerja lagi terhitung sejak 10 Oktober 2017.

Mulkan Let-Let kuasa hukum PT. Nuansa Bali Cempaka, sebelumnya telah menyangkal dalil gugatan Juanita. Menurut Mulkan, gugatan Juanita Anggreni Sukarta ke PHI Jakarta Pusat, adalah keliru. Pasalnya, Juanita bukanlah Pekerja karena jabatannya sebagai Wakil Direktur, maka kedudukannya dikualifikasikan sebagai bagian dari Pengusaha. Juanita diangkat dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di tahun 2009, sehingga kedudukan hukumnya dalam Perkara Nomor 133/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst, dianggap tidaklah tepat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of