Selasa, 19 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
218

Kecelakaan Dianggap Kecerobohan, Polisi Perkuat Dalil Pekerja

Jakarta, BuruhOnline.com – Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2019), kembali menggelar sidang lanjutan dalam perkara perselisihan pemutusan hubungan kerja, antara Mudarsah melawan PT. Hartono Raya Motor. Sidang yang dipimpin oleh Hakim M. Djoenanidie tersebut, beragendakan penyerahan bukti tertulis dari pihak Mudarsah selaku Pekerja.

Diwakili kuasa hukumnya, Donal Silaen, Mudarsah menyerahkan beberapa alat bukti. Diantaranya surat dari pihak kepolisian yang menyatakan peristiwa yang dialami Mudarsah di jalan raya saat membawa mobil milik Perusahaan, adalah kecelakaan. Donal menegaskan, tidak ada tindakan Mudarsah yang sengaja merusak kendaraan milik Perusahaan.

Donal mengaku, telah menyampaikan delapan bukti ke Majelis Hakim. “Bukti, mulai dari upah. Yang kedua bukti surat anjuran dari Disnaker. Ketiga, bukti laporan polisi,” ujarnya. Ia menambahkan, kecelakaan yang dialami Mudarsah sehingga menyebabkan rusaknya kendaraan milik Perusahaan, dijadikan alasan oleh PT. Hartono Raya Motor. “Kecelakaan itu adalah musibah. Sehingga itu bukan tindak kesengajaan yang dilakukan oleh Penggugat (Mudarsah) untuk merusak kendaraan,” jelasnya.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Mudarsah yang diberhentikan sejak tanggal 1 Februari 2019 itu, telah berupaya untuk menyelesaikan perselisihan pemutusan hubungan kerja tersebut melalui musyawarah dan Dinas Tenaga Kerja. Namun karena tidak tercapai perdamaian, akhirnya Disnaker menerbitkan anjuran, yang menyarankan agar Perusahaan memberikan Mudarsah sejumlah uang kompensasi pemutusan hubungan kerja.

Dalam surat gugatannya yang diregister dengan Perkara Nomor 214/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst itu, Mudarsah menuntut Perusahaan untuk memberikannya uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan ganti kerugian sebesar Rp118,5 juta. Ia juga memohon kepada Majelis Hakim, untuk menghukum PT. Hartono Raya Motor membayar upah selama tidak mempekerjakan dirinya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of