Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
223

Menolak Diberhentikan Karena Dipindahkan ke Perusahaan Lain, Security Digugat

Jakarta, BuruhOnline.com – Karena menolak dipindahkan, PT. Plaza Indonesia Reality Tbk. menggugat Oma Irfani dan Soleh ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Perusahaan merasa memiliki hak untuk memutuskan hubungan kerja dengan kedua security tersebut. Lantaran keduanya hendak ditempatkan di PT. Andika Mulia Nusantara.

Dikatakan Hamed selaku kuasa hukum Irfani dan Soleh, keduanya menolak perpindahan hubungan kerja tersebut. Lantaran keduanya yang telah bekerja puluhan tahun di PT. Plaza Indonesia Reality itu, menilai alasan perpindahan hubungan kerja ke PT. Andika Mulia Nusantara, tidaklah beralasan. Sebab, PT. Plaza Indonesia Reality masih ada dan masih berkegiatan seperti biasa.

Lebih lanjut dijelaskan Hamed, keberadaan PT. Andika Mulia Nusantara merupakan bagian dari rencana PT. Plaza Indonesia Reality yang menyerahkan sebagian tanggung jawab pengelolaan Plaza Indonesia ke pihak lain. “Jadi pengelolaan Plaza Indonesia Reality diberikan pada pihak ketiga, di-overed pada pihak ketiga,” tegas Hamed, Rabu (18/9/2019).

Menurutnya, secara bisnis sangat menguntungkan pengusaha. Karena resiko-resiko akibat dari bisnis menjadi tanggung jawab pihak ketiga. Tapi, tegas Hamed, dalam hubungan kerja antara PT. Plaza Indonesia Reality dengan para pekerjanya, berdampak buruk yakni adanya pengakhiran hubungan kerja akibat keinginan memindahkan pekerja ke Perusahaan lain.

Namun dalam persidangan pertama yang digelar PHI Jakarta Pusat itu, PT. Plaza Indah Reality mencabut gugatannya. Sebab, menurut Hamed, salah satu dari dua orang pekerja yang dijadikannya sebagai tergugat tersebut, telah mencapai kesepakatan dengan Pihak Perusahaan. “Dan akhirnya Penggugat mencabut gugatannya untuk diperbaiki,” terangnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of