Kamis, 19 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
118

Tak Ada Dalam Kontrak, Pekerja Tolak Pindah Lokasi Kerja

Jakarta, BuruhOnline.com – Mengalami kerugian, menjadi alasan bagi PT. Fotesco Busana International untuk berpindah dari Cakung, Jakarta Utara ke Wanaherang, Bogor. Namun keputusan tersebut, tidak disetujui oleh Rikhanah dan kawan-kawan (19 orang) selaku pekerja yang diperjanjikan waktu tertentu (kontrak). Lantaran di dalam perjanjian kontrak, tidak menyebut klausul adanya kesediaan untuk berpindah lokasi kerja.

Terhadap penolakan Rikhanah dan kawan-kawan tersebut, akhirnya Perusahaan menghentikan kegiatan produksi sejak Desember 2017. Akan tetapi, menurut kuasa hukum Rikhanah, Clement Ame mengatakan, dengan penghentian kegiatan produksi maka menyebabkan pekerja tidak dapat melaksanakan kewajibannya untuk bekerja. Sehingga, Rikhanah haruslah tetap berhak mendapatkan upah hingga batas waktu kontraknya berakhir pada bulan April 2019.

“Kawan-kawan yang 19 orang ini, dia masih ada sisa kontraknya. Karena ada sisa kontraknya itu yang tidak dibayarkan oleh Tergugat (Perusahaan), berarti Perusahaan ini tidak menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003,” ujar Ame, Kamis (12/9/2019).

Tobias menganggap tindakan PT. Fotesco belum memenuhi ketentuan Pasal 62 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, sehingga pihaknya mengajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Dalam surat gugatannya, Rikhanah dan kawan-kawan menuntut agar Perusahaan membayar uang kompensasi ganti rugi berupa upah yang belum dibayarkan sebanyak enam belas bulan.

Sebelumnya, Dinas Tenaga Kerja telah menganjurkan agar Rikhanah dan kawan-kawan, ikut pindah lokasi kerja yang baru. “Jadi, dia (Disnaker) menganjurkan kepada kawan-kawan yang berselisih ini untuk mengikuti bekerja kepada Perusahaan yang baru,” lanjut Ame.

Dalam sidang yang dipimpin oleh Hakim Yuzaidah di ruang Kusumah Atmadja 3, Gedung PHI Jakarta Pusat tersebut, akhirnya ditunda selama dua pekan untuk mendengarkan pembacaan putusan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of