Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
161

Tuntutan Iuran Jaminan Hari Tua, Akhirnya Dikabulkan

Jakarta, BuruhOnline.com – Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hakim Yuzaida, akhirnya mengabulkan sebagian gugatan Novan Irwansyah terhadap PT. Bina Mitra Indosejahtera. Dalam amar putusan yang dibacakan, Kamis (5/9/2019), Perusahaan dihukum untuk membayar iuran jaminan hari tua sejak Oktober 2017 sampai dengan bulan Maret 2018 kepada Novan.

Selain itu, Perusahaan juga dihukum membayar uang penggantian hak yang belum dibayarkan saat terjadi pengakhiran hubungan kerja sebesar 15% dari uang pesangon dan uang penghargaan masa kerja. Sedangkan terhadap tuntutan upah sejak bulan Oktober 2018 sampai dengan adanya putusan dari Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, ditolak.

“Yang dikbulkan sesuai dengan tuntutan saya. Pertama, kurang bayar lima belas persen sesuai dengan undang-undang 13, dan juga BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Novan usai menghadiri persidangan. Ia mengaku cukup puas dengan putusan tersebut, dan akan menunggu sikap Perusahaan jika mau mengajukan keberatan ke Mahkamah Agung (MA). “Kelanjutannya, saya akan menunggu kesempatan 14 hari kerja, apabila Tergugat keberatan dan mengajukan kasasi,” tambah Novan.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Novan meminta Pengadilan, untuk menghukum Perusahaan membayar kepadanya kekurangan besaran iuran jaminan hari tua yang merupakan salah satu Program BPJS Ketenagakerjaan. Perusahaan baru mendaftarkan Novan sebagai Peserta BPJS Ketenagakerjaan pada bulan April 2018, lalu ia diberhentikan secara sepihak pada 3 September 2018.

Dalam gugatan yang diregister dengan perkara Nomor 163/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst, Novan yang mengaku sebagai asisten manager menuntut PT. Bina Mitra membayar kekurangan uang kompensasi pemutusan hubungan kerja, kekurangan iuran jaminan sosial, dan upah selama tidak mempekerjakan dirinya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of